Serang Kota, Kartel Meksiko Bakar Kendaraan dan Tembaki Pasukan Keamanan

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 11 Maret 2020 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 18 2181726 serang-kota-kartel-meksiko-bakar-kendaraan-dan-tembaki-pasukan-keamanan-9nvwEPRPpM.jpg Ilustrasi.

MEXICO CITY - Kelompok bersenjata, yang diduga sebagai anggota kartel kriminal Meksiko, menyerang Kota Celaya di Negara Bagian Guanajuato, memblokade jalanan dengan kendaraan yang terbakar dan terlibat baku tembak dengan pasukan keamanan.

Serangan tersebut memicu rumor di media sosial bahwa pasukan keamanan telah semakin dekat dengan Pimpinan Kartel Santa Rosa de Lima, Jose "El Marro" Yepez, bahkan kemungkinan telah menangkapnya.

Kartel itu diyakini berada di balik pencurian besar-besaran bensin dari keran ilegal pada pipa-pipa milik perusahaan minyak nasional Pemex, sebuah gembong kriminal yang telah tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

"El Marro" juga dicurigai mengorganisir pencurian bahan bakar langsung dari kilang Pemex terdekat di Kota Salamanca, demikian diwartakan Reuters, Rabu (11/3/2020).

Istrinya ditangkap pada akhir Januari namun dibebaskan beberapa hari kemudian setelah hakim memutuskan bahwa tidak ada cukup bukti untuk menahannya. Pekan lalu, ayah Yepez ditahan, dituduh mengendarai mobil curian.

Pejabat Senior Keamanan Guanajuato, Luis Ernesto Ayala membantah desas-desus mengenai penangkapan terhadap Yepez.

"Kami terus bekerja dalam operasi," tambahnya dalam sebuah posting di Twitter, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Sumber keamanan negara bagian dan federal lainnya juga menyangkal bahwa Yepez telah ditahan.

Kekerasan di Celaya kembali mengingatkan publik akan baku tembak yang terjadi di Culiacan pada Oktober lalu. Saat itu ratusan anggota Kartel Sinaloa mengambil alih kota berpenduduk sekira satu juta orang itu dan memaksa pemerintah untuk membebaskan putra raja narkoba yang dipenjara Joaquin “El Chapo” Guzman, yang ditahan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini