nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tahanan Kabur Tetap Divonis 1 Tahun 6 Bulan Penjara oleh PN Bandung

CDB Yudistira, Jurnalis · Jum'at 13 Maret 2020 14:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 13 525 2182771 tahanan-kabur-tetap-divonis-1-tahun-6-bulan-penjara-oleh-pn-bandung-jNKEZNBleP.jpg Ilustrasi Tahanan Kabur (Foto: Istimewa)

BANDUNG - Meski keberadaannya belum ditemukan, PN Bandung telah memberikan vonis terhadap Serli Herawati, seorang tahanan yang kabur dan belum ditangkap hingga saat ini.

Vonis Serli digelar pada Selasa (3/3/202/) lalu di PN Bandung. Pada putusannya majelis hakim menyatakan Serli terbukti bersalah melakukan pencurian sesuai dengan Pasal 362 KUHP Jo Pasal 65 ayat 1 KUHP tentang pencurian.

"Menjatuhkan pidana pada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama satu tahun dan enam bulan," kata hakim berdasarkan putusan pengadilan yang dilansir melalui website SIPP PN Bandung.

Kasi Pidum Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung Guntur Wibowo membenarkan adanya pembacaan vonis tersebut. "Kemarin sudah di bacakan," kata Guntur saat dikonfirmasi, Jumat (13/3/2020).

Saat sidang putusan digelar, memang terdakwa tidak dihadir. Pasalnya hingga saat ini, terdakwa masih dalam status melarikan diri.

Namun hal itu sah saja. Guntur mengatakan vonis bisa dibacakan meski tanpa dihadiri terdakwa. Hal itu merujuk pada Pasal 12 Undang-undang Kehakiman.

"Bisa dilaksanakan putusan tanpa hadirnya terdakwa," tuturnya.

Tahanan

Baca Juga: Tahanan Wanita di Bandung Kabur saat Akan Disidang

Pencarian terhadap Serli pun, saat ini masih berlanjut. Guntur menyebutkan saat ini tim kejaksaan sudah bergerak untuk mencari keberadaan tahanan itu.

Pada berita sebelumnya, terungkap, Serli saat melarikan diri, petugas Kejaksaan tidak memborgol dan tidak memakaikan rompi tahanan terhadap tahanan wanita itu.

Saat kabur, Serli memanfaatkan keramaian pengunjung sidang. Waktu petugas lengah, ia berbaur dengan para pengunjung dan langsung melarikan diri.

Petugas baru tahu Serli kabur, setelah memasukan seluruh tahanan ke ruangan di Pengadilan. Saat itu dari 16 tahanan, hanya ada 15 orang yang ada di ruangan. Sempat di cari disekitaran pengadilan, namun Serli lenyap hingga hari ini.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini