nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Modus Penipuan Penggandaan Uang, Pasutri Ditangkap Polisi

Herman Amiruddin, Okezone · Selasa 31 Maret 2020 23:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 31 609 2192016 modus-penipuan-penggandaan-uang-pasutri-ditangkap-polisi-uVP2F3OioF.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

MAKASSAR - Sepasang suami-istri (Pasutri) di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan diamankan polisi, setelah aksi penipuannya dilaporkan oleh korbannya. Kasus ini berawal dari utang piutang dilakukan Pasutri ini, sehingga nekat tipu tetangganya sendiri dengan modus penggandaan uang.

Kanit Reskrim Polsek Mandai, Iptu Amilang mengatakan, aksi penipuan dengan modus penggandaan uang ini berawal ketika korban hendak menagih utang kepada pelaku sebesar Rp6 juta.

"Namun pelaku tidak memiliki uang kemudian menawarkan korban dengan jasa perantara dukun yang mampu menggandakan uang," kata Amilang kepada Okezone saat ditemui.

Korban, lanjut Amilang, tergiur dengan dengan iming-imingan pelaku. Hingga akhirnya menyetor sejumlah uang secara bervariasi dari jutaan hingga puluhan juta rupiah.

"Pelaku juga menjanjikan kepada korban akan mendapatkan jodoh dan rejeki berlimpah kepada keluarga korban namun janji tersebut tidak terbukti," jelas Amilang

Sementara itu, di depan polisi, istri pelaku berinisial IM mengaku dirinya hanya di suruh oleh suaminya untuk menyakinkan korban yang pada saat itu datang ke rumah untuk menagih utang.

"Istri pelaku diduga ikut menikmati hasil penipuan," ujar Amilang.

Sementara dukun yang di janjikan oleh pelaku ternyata tidak. Hingga saat ini, pasutri tersebut masih diamankan dan menjalani pemeriksaan di Mapolsek Mandai.

"Bila terbukti bersalah keduanya dikenakan Pasal 372 dan 378 KUHP tindak pidana dan penggelapan dengan ancaman empat tahun penjara," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini