Ditipu Teman Lama, Ratusan Juta Raib

Era Neizma Wedya, iNews · Selasa 19 Mei 2020 09:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 19 340 2216285 ditipu-teman-lama-ratusan-juta-raib-himhHTKjtO.jpg Korban penipuan, Herman melapor ke polisi. Foto: Era Neizma/Okezone

PALEMBANG - Apes dialami Herman (48) warga Jalan H Faqih Usman Lorong Langgar, Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang. Niat hati membeli combine atau alat panen padi, namun malah kena tipu dan mengalami kerugian sebesar Rp200 juta.

Kejadian berawal saat korban ingin membeli alat untuk panen padi, lalu pelaku yang merupakan teman lama menawarkan diri untuk membantu membeli alat tersebut.

"Saya sudah lama kenal pelaku Erwin, jadi saya percaya saja kepadanya. Pada saat menawarkan kepada saya alat tersebut seharga Rp450 juta," kata Herman, Senin (18/5/2020).

Setelah itu korban mentransfer uang Rp200 juta kepada pelaku dan dijanjikan alat tersebut sampai kepada korban paling lama 10 hari.

Baca Juga: Penipuan Modus Sembako Murah di Tengah Corona, Pelaku Untung Rp1 Miliar 

"Saya baru mentransfer uang kepada pelaku sebesar Rp200 juta, kalau barangnya sudah sampai baru saya lunasi,” ujarnya.

Setelah berapa hari ditunggu dan alat tak kunjung datang pada waktu yang dijanjikan, korban pun mendatangi rumah pelaku. Namun rumah pelaku ternyata sudah kosong.

"Sudah saya coba hubungi dan mendatangi rumahnya, namun pelaku bersama keluarganya sudah tidak ada lagi. Dengan tetangga sekitar, rumah pelaku saya tanya, mereka pada tidak tahu,” jelas Herman.

Akhirnya setelah menunggu beberapa hari dan tidak berhenti mencari pelaku, korban akhirnya melaporkan kasu penipuan ini ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Palembang.

"Semoga pelaku segera ditangkap dan dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya telah menipu saya,” tegasnya.

Baca Juga: Polres Jaksel Tangkap Pelaku Penipuan dan Pencurian Belasan Motor 

Sementara Kasat Reskrim Polrestabes Palembang AKBP Nuryono melalui Kepala SPKT Polrestabes Palembang AKP Heri membenarkan adanya laporan penipuan yang dialami korban dengan kerugian Rp200 juta.

“Iya laporan sudah kita terima dan selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh unit Reskrim Polrestabes Palembang,” pungkasnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini