Menlu Israel: Langkah Aneksasi Tepi Barat Kemungkinan Tak Terjadi pada 1 Juli

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 01 Juli 2020 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 18 2239453 menlu-israel-langkah-aneksasi-tepi-barat-kemungkinan-tak-terjadi-pada-1-juli-fA63IURKBR.jpg Pemukiman Yahudi Israel di Tepi Barat. (Foto: Reuters)

YERUSALEM - Menteri Luar Negeri Israel mengatakan, pengumuman tentang aneksasi wilayah Tepi Barat yang diduduki tidak mungkin terjadi pada Rabu (1/7/2020), sebagaimana semula ditetapkan oleh pemerintah koalisi Perdana Menteri Benyamin Netanyahu.

"Sepertinya tidak mungkin bagi saya bahwa ini (pengumuman aneksasi) akan terjadi hari ini," kata Gabi Ashkenazi kepada Radio Tentara Israel sebagaimana dilansir Reuters pada Rabu.

BACA JUGA: Hamas: Aneksasi Tepi Barat Adalah Pernyataan Perang yang Akan Disesali Israel

"Saya rasa tidak akan ada hari ini, berkenaan dengan (perpanjangan) kedaulatan (Israel)."

Telah terjadi ketidaksepahaman dalam koalisi pemerintah Israel mengenai waktu dari langkah aneksasi sepihak yang ditentang Palestina dan banyak negara di dunia itu. Benny Gantz, mitra koalisi Netanyahu ingin menundanya hingga urusan terkait pandemi Covid-19 berakhir, sementara Netanyahu bersikeras ingin mulai membahasnya pada 1 Juli.

BACA JUGA: Israel Harus Pertimbangkan Dampak Diplomatik Jika Teruskan Pencaplokan Tepi Barat

Ashkenazi mengatakan, pertanyaan lebih lanjut tentang masalah tersebut sebaiknya ditanyakan langsung ke Netanyahu.

Setelah bertemu dengan utusan Amerika Serikat (AS) untuk membahas pencaplokan dalam kerangka rencana perdamaian Timur Tengah Presiden Donald Trump pada Selasa (30/6/2020), Netanyahu mengatakan perundingan mengenai masalah ini akan berlanjut selama beberapa hari mendatang.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini