Referendum Perubahan Konstitusi Rusia Disetujui, Buka Jalan Putin Berkuasa Hingga 2036

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 02 Juli 2020 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 18 2240035 referendum-perubahan-konstitusi-rusia-disetujui-buka-jalan-putin-berkuasa-hingga-2036-pH7vxyFQvq.jpg Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Reuters)

MOSKOW – Warga Rusia membuka pintu bagi Vladimir Putin untuk tetap berkuasa sampai 2036 dengan memberikan suara mayoritas mendukung perubahan konstitusional yang akan memungkinkannya kembali mencalonkan diri sebagai presiden untuk masa jabatan kedua.

Hasil resmi yang diumumkan pada Kamis (2/7/2020), setelah 99,9% surat suara telah dihitung, menunjukkan bahwa Putin, seorang mantan perwira KGB yang telah memerintah Rusia selama lebih dari dua dekade, berhak untuk mencalonkan diri selama dua periode setelah masa jabatannya saat ini berakhir pada 2024.

Itu berarti Putin, yang saat ini berusia 67 tahun, bisa memerintah hingga usia 83 tahun.

Komisi Pemilihan Umum Rusia mengatakan, 77,9% suara yang dihitung di negara terbesar di dunia itu mendukung perubahan konstitusi dan hanya sekira 21% yang menentang, demikian diwartakan Reuters.

Tingkat partisipasi pemungutan suara referendum itu mencapai 65%.

Kepala Komisi Pemilihan Umum, Ella Pamfilova mengatakan, pemungutan suara itu transparan dan bahwa para pejabat telah melakukan segalanya untuk memastikan integritasnya.

Namun, Pemimpin Oposisi, Alexei Navalny memiliki pandangan berbeda dan menyebut pemungutan suara itu hanya sebuah pertunjukan belaka dan ilegal. Dia mengatakan perubahan konstitusi itu dirancang untuk melegalkan Putin berkuasa seumur hidup.

"Kami tidak akan pernah mengakui hasil ini," kata Navalny kepada pendukungnya dalam sebuah video.

Putin, yang telah menjadi pemimpin terlama dalam sejarah Rusia modern sejak diktator Soviet Josef Stalin, tidak menyebutkan bagaimana perubahan itu dapat memengaruhi kariernya sendiri dalam pidato menjelang pemungutan suara pada Selasa (30/6/2020).

Meski Putin mengatakan belum memutuskan apa yang akan dia lakukan setelah masa jabatannya berakhir, banyak yang meyakini dia akan kembali maju sebagai calon presiden.

Saat ini tingkat kepuasan publik terhadap Putin masih tergolong tinggi, di angka 60%, tetapi telah menurun jauh dibandingkan pada tingkat tertinggi, saat mencapai hampir 90%.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini