Gus Zaki, Cucu Pendiri NU Dikebumikan di Dekat Makam Gus Dur

Agregasi Sindonews.com, · Kamis 02 Juli 2020 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 519 2239961 meninggal-usai-reakfif-covid-19-cucu-pendiri-nu-dikebumikan-di-dekat-makam-gus-dur-4YLKca2bW9.jpg Makam Gus Dur. Foto: Istimewa

JOMBANG – Warga Nahdiyin sedang berduka, sebab salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yakni KH Ahmad Zaki Hadziq meninggal dunia tadi malam.

Gus Zaki, sapaan akrab almarhum semasa hidup, sudah dimakamkan di kompleks pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Kamis (2/7/2020) dini hari.

Pemakaman jenazah cucu pendiri NU KH Hasyim Asyari tersebut dilakukan sesuai protokol kesehatan pencegahan virus corona (Covid-19). Hal itu dilakukan karena Gus Zaki sempat rapid test dan hasilnya reaktif corona.

Kakak almarhum, KH Fahmi Amrullah mengatakan, jenazah cucu pendiri NU itu tiba di Pondok Pesantren Tebuireng pada Kamis dinihari dengan menggunakan ambulans milik BPBD Kabupaten Jombang.

Baca Juga: Pemakaman Hilmi Aminuddin Selesai, Pelayat Dipersilakan Berdoa di Pusara Sang Pendiri PKS

Kemudian Gus Zaki dimakamkan di dekat makam Hasyim Asyari dan Gus Dur. “Gus Zaki dimakamkan di area pemakaman keluarga di dalam Pondok Pesantren Tebuireng yang juga satu lokasi dengan makam KH Hasyim Asyari, makam Gus Dur dan makam Gus Sholah,” kata dia sebagaimana dikutip dari Sindonews.

Untuk diketahui Gus Zaki pada awalnya dilarikan ke RSUD Jombang dan didiagnosa terkena demam berdarah (DBD). Kemudian ia diikutkan rapid test dan hasilnya reaktif corona.

Baca Juga: Gus Zaki, Cucu KH Hasyim Asyari Meninggal Dunia Pasca-Dinyatakan Reaktif Covid-19

Setelah diketahui reaktif Covid-19, rencananya Gus Zaki akan mengikuti swab test, namun takdir berkata lain karena ia meninggal dunia sebelum pemeriksaan.

Karena khawatir yang bersangkutan terinfeksi virus Corona pihak keluarga kemudian memutuskan pemakaman Gus Zaki dilakukan sesuai standar protokol kesehatan guna mencegah Covid-19 pada Kamis dini hari tadi.

Hingga kini belum ada penjelasan resmi dari Gugus Tugas maupun RSUD Jombang terkait dugaan Covid-19 terhadap Gus Zaki.

“Kita memastikan wafatnya Gus Zaki setelah hasil rapid testnya dinyatakan reaktif. Ini tidak akan membuat agenda kedatangan santri Tebuireng di awal bulan Juli ini terganggu,” tandasnya. (abp)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini