Lokasi yang Terbakar di Pabrik Bioetanol Area Produksi

Sholahudin, iNews · Senin 10 Agustus 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 519 2259998 lokasi-yang-terbakar-di-pabrik-bioetanol-area-produksi-DGj7Z2usxg.jpg Pabrik Bioetanol meledak (foto: iNews/Sholahudin)

MOJOKERTO – Pabrik Bioetanol PT Energi Agro Nusantara di Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur meledak, sore tadi. Akibat ledakan ini, satu orang karyawan pabrik tewas di lokasi kejadian.

Selain menyebabkan korban tewas dan luka-luka, ledakan tersebut menyebabkan belasan rumah warga sekitar rusak parah.

 Pabrik

Humas PT Energi Agro Nusantara, Aril mengatakan, area yang terbakar berada di area produksi bioethanol, dan saat kejadian sedang ada aktifitas pekerja.

“Yang terbakar area produksi bioethanol,” kata Aril singkat, Senin (10/8/2020).

 Baca juga: Pabrik Bioetanol Meledak, 1 Pekerja Tewas & Puluhan Luka-Luka 

Kebakaran tersebut membuat tiga tangka besar untuk penyimpanan bioethanol meledak, dan merambat ke tangki lainnya.

Salah satu warga sekitar, Suwito Junaidi mengatakan, awalnya terdengar ledakan satu kali dan disusul ledakan kedua kalinya lebih keras dan langsung muncul kobaran api, dan sejumlah warga yang berada di lokasi langsung mengungsi ke tempat aman untuk menhindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Awalnya ada ledakan sekali dan lima menit kemudian meledak dengan suara yang besar, saat ini warga mengungsi,” kata Suwito.

Sementara itu, sejumlah petugas pemadam kebakaran langsung dikerahkan ke lokasi, sebagian memadamkan dari luar dan sebagian melakukan pemadaman di dalam pabrik. Proses pemadaman berlangsung sulit, karena seluruh isi tangki berisi bioetanol tumpah akibat ledakan.

Sedangkan unit ambulans dari puskesmas dan rumah sakit sekitar disiagakan ke lokasi. Sejumlah ambulans yang didatangkan ke lokasi melakukan evakuasi korban baik luka maupun tewas. Untuk sementara satu orang pekerja tewas di lokasi kejadian dengan kondisi mengenaskan, korban dibawa ke Rumah Sakit RA Basuni untuk dilakukan otopsi. Sedangkan sepuluh lainnya mengalami luka bakar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini