MNC Peduli & RS Islam Assyifa Sukabumi Gelar Operasi Katarak Gratis

Tim Okezone, Okezone · Selasa 11 Agustus 2020 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 525 2260599 mnc-peduli-rs-islam-assyifa-sukabumi-gelar-operasi-katarak-gratis-ZTysNamOmB.jpg MNC Peduli dan RS Islam Assyifa Sukabumi menggelar operasi katarak gratis

SUKABUMI – Pandemi Covid-19 belum berakhir, namun bukan berarti penyakit lainnya dapat diabaikan. Katarak adalah suatu penyakit ketika lensa mata menjadi keruh dan berawan. Jika dibiarkan pengidap katarak akan terganggu penglihatannya dan membuat pengidap merasa seperti melihat jendela berkabut sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penyakit ini merupakan penyebab kebutaan utama di dunia yang dapat diobati.

Dilansir dari situs http://www.p2ptm.kemkes.go.id bahwa dari hasil Survei Kebutaan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) tahun 2014–2016 oleh Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan di lima belas provinsi (Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, JawaTimur, Kalimantan Selatan, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua Barat) diketahui angka kebutaan mencapai 3% dan katarak merupakan penyebab kebutaan tertinggi (81%).

Survei tersebut dilakukan dengan sasaran populasi usia 50 tahun ke atas.

Oleh karena itu, MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih dan RS Islam Assyifa Sukabumi kembali bekerjasama dalam melaksanakan operasi katarak dan pteregium gratis bagi masyarakat prasejahtera di Sukabumi dan sekitarnya. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian MNC Peduli dan RS Islam Assyifa Sukabumi dalam bidang kesehatan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat.

Peserta operasi tidak hanya berasal dari Sukabumi, melainkan juga dari kabupaten lainnya seperti Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bogor. Dengan total target 100 orang, tahap pertama sudah dilaksanakan di akhir tahun 2019, saat ini untuk tahap kedua padaAgustus 2020, ditargetkan 44 pasien katarak & pterigium dapat dioperasi.

Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengungkapkan bahwa saat ini banyak fokus terhadap penanganan Covid sedangkan penderita katarak juga banyak di Indonesia. “Jadi kita MNC Peduli tetap memperhatikan salah satu program yang kita jalankan setiap tahunnya adalah operasi katarak gratis dan kita tetap jalankan ini bersama Rumah Sakit Assyifa dan tentunya dengan protokol yang ada dalam masa pandemi covid,” ujar Jessica.

Dasya Arief Firmansah selaku Head of Non-Medical Support RS Islam Assyifa Sukabumi berharap agar kerjasama dengan MNC Peduli dapat terjalin ke depannya.“Mudah-mudahan pada tahun 2021 kita dapat bekerjasama kembali sehingga RS Islam Assyifa bisa kembali melaksanakan kegiatan-kegiatan yang ditunggu oleh warga,” tuturnya.

Baca Juga : Tanggapan Walikota Malang soal Viral Video Penciuman Jenazah Covid-19

Operasi gratis tersebut pun mendapat apresiasi oleh pasien. “Terima kasih karena saya bisa belajar lagi dengan normal dan bisa beraktivitas seperti biasa,” ujar Rizky Mahmud Natawijaya selaku salah satu pasien.

Dilaksanakan dalam masa pandemi, MNC Peduli dan RS Islam Assyifa Sukabumi menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan seperti jaga jarak, pengukuran suhu dan penggunaan masker bagi para pasien.

Kerjasama antara MNC Peduli dan RS Assyifa Sukabumi adalah untuk yang ketujuh kalinya, adapun kerjasama selama ini terkait pengobatan hernia dan katarak/pterigium bagi masyarakat Sukabumi dan sekitarnya.

Hingga Oktober 2019, jumlah penerima bantuan kesehatan dari MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih adalah sekitar 700.000 pasien.

Bagi masyarakat yang ingin turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial kesehatan lainnya melalui MNC Peduli dapat menyalurkan dana ke rekening bank Atas Nama : Yayasan Jalinan Kasih melalui : MNC BANK 100-01-00000-9851-5, MANDIRI 103-00099-0000-8, BRI 0206-01-005001-30-8, BCA 681-5088-119.

Bagi yang ingin mengajukan permohonan bantuan pengobatan dapat menghubungi nomor telepon : 021-3909-103 atau membuka Fanspage di Facebook dengan akun "Yayasan Jalinan Kasih".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini