Antisipasi Kabut Asap, Patroli Karhutla Digelar di Muaro Jambi

Azhari Sultan, Okezone · Kamis 13 Agustus 2020 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 340 2261787 antisipasi-kabut-asap-patroli-karhutla-digelar-di-muaro-jambi-42YscfOWTY.jpg Personel Korem 042/Garuda Putih ikut patroli karhutla. Foto: Istimewa

JAMBI - Puluhan Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi diterjunkan ke Desa Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Pasalnya beberapa hari ini telah terjadi kebakaran lahan di sana.

Setidaknya kurang lebih 5 hektare di lahan di Desa Kemingking milik suatu perusahaan mulai terbakar. Untuk melaksanakan pencegahan terjadinya kebakaran lahan tersebut, Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI M Zulkifli selaku Pelaksana Harian Dansatgas Karhutla Provinsi Jambi, menerjunkan 32 personel untuk melakukan patroli kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Menurutnya hal tersebut dilakukan usai menginat belakangan ini titik api atau hotspot kerap muncul di Muaro Jambi. Bahkan telah terjadi kebakaran lahan kurang lebih 5 hektare di area Kemingking.

Selain itu patroli karhutla juga untuk mencegah kabut asap yang tebal seperti tahun lalu. "Tahun kemarin di Kumpeh sangat parah, kabut tebal juga bisa menutupi di Kota Jambi," ungkap Danrem di Makorem 042/Gapu, Kamis (13/8/2020).

Selain untuk memadamkan api, ujarnya, personel ditugaskan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Baca Juga: 2 Hektare Lahan Sawit Milik Warga Kebakaran

"Edukasi kita lakukan, jika nanti masih ada kebakaran maka sanksi berupa hukum harus ditegakkan," tegas Zulkifli.

"Ini yang harus diantisipasi, jangan sampai titik hotspot menjadi penyebab terjadinya kebakaran," tukasnya.

"Nanti segera dilaporkan ke kita, kalau api sulit dipadamkan. Kita akan padamkan pakai water boombing," sebut Zulkifli.

Kemudian, katanya lagi, kerja sama bersama instansi terkait seperti BPBD Provinsi Jambi, Manggala Agni, Dinas Kehutanan, Polri, serta masyarakat setempat juga harus ditingkatkan untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Baca Juga: Antisipasi Karhutla, Polda Kalsel Gencarkan Patroli Hutan

"Bahu membahu dalam penanganan karhutla harus dilakukan, jangan sampai bekerja sendiri-sendiri saat di lapangan," tandas Danrem.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini