Bertambah Rp225 Juta, Pendapatan Putin Ternyata Masih Lebih Kecil dari Bawahannya

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 16 Agustus 2020 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 16 18 2263136 bertambah-rp225-juta-pendapatan-putin-ternyata-masih-lebih-kecil-dari-bawahannya-Mc6sNrqCvi.jpg Presiden Rusia, Vladimir Putin. (Foto: Sputnik)

MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa penghasilannya telah bertambah sebesar 1,1 juta rubel (sekira Rp225 juta) pada 2019, meningkatkan pendapatan bersihnya tahunannya menjadi 9,7 rubel (sekira Rp1,98 miliar).

Putin juga mengumumkan kepemilikan dua apartemen (meski saat ini hanya satu yang digunakan), tiga kendaraan buatan Rusia (dua GAZ-M21 dan Lada Niva), dan sebuah trailer 'Skif' (juga dibuat di Rusia). Semua properti Putin terletak atau berada di Rusia.

BACA JUGA: Mengintip Gaji Pemimpin Dunia dari Jokowi, Putin hingga Trump

Pada 2015, Putin mengklaim bahwa dia tidak mengetahui gajinya, yang jauh lebih rendah dari gaji resmi presiden Amerika Serikat (AS) sebesar USD400.000 (sekira Rp5,9 miliar).

“Mereka hanya memberikannya kepada saya, dan saya menyimpannya di rekening saya,” katanya sebagaimana dilansir RT.

Terlepas dari gaji enam digit, beberapa orang mengklaim bahwa penghasilan sebenarnya Putin sebenarnya jauh lebih tinggi, dan kekayaan bersihnya mencapai miliaran dolar.

Pada 2017, kritikus Kremlin, Bill Browder memperkirakan nilai Putin mencapai USD200 miliar.

Browder, seorang manajer hedge-fund yang menyerahkan paspor AS-nya untuk menghindari pembayaran pajak, dicari oleh Rusia karena daftar panjang kejahatan, termasuk penggelapan pajak dan pembunuhan.

Bertentangan dengan klaim Browder, beberapa analis Rusia percaya bahwa Putin tidak terlalu kaya. Pada 2016, mantan editor Vedomosti Leonid Bershidsky menulis di Bloomberg bahwa Putin “sama miskinnya dengan tikus gereja” tetapi memiliki rekan yang sangat kaya.

BACA JUGA: Gaji Presiden Putin Dipangkas Rp168 Juta

Sementara itu Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin melaporkan pendapatan sebesar 18,2 juta rubel (sekira Rp3,7 miliar). Pada 2019, Mishustin adalah kepala Layanan Pajak Federal Rusia, dan baru diangkat menjadi perdana menteri pada awal 2020.

Pendahulu Mishustin, Dmitry Medvedev melaporkan pendapatan sebesar lebih dari 11 juta rubel (sekira Rp2,2 miliar).

Pendapatan yang dilaporkan Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov lebih besar, 14,6 juta rubel (sekira Rp2,9 miliar), sedangkan istrinya Tatiana Navka memiliki penghasilan hingga 235,9 juta rubel (sekira Rp48 miliar). Navka adalah mantan peraih medali emas seluncur es Olimpiade Musim Dingin.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini