Cegah Covid-19 di Momen Libur Panjang, Malioboro Dijaga 350 Petugas

Kuntadi, Koran SI · Rabu 19 Agustus 2020 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 510 2264619 cegah-covid-19-di-momen-libur-panjang-malioboro-dijaga-350-petugas-VXgMYLJxKB.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

YOGYAKARTA - Sebanyak 350 petugas gabungan akan disiagakan pada momen libur panjang Tahun Baru Islam, yaitu sejak Kamis 19 Agustus 2020 hingga Minggu 23 Agustus 2020 di kawasan Malioboro, Yogyakarta.

Petugas ini akan menertibkan wisatawan dan memastikan semuanya melaksanakan protokol kesehatan guna mencegah virus corona (Covid-19).

“350 personel itu berasal dari Satpol PP Kota Yogyakarta, Satpol PP DI Yogyakarta, Jogoboro, Dishub Kota Yogyakarta, Linmas, Pam Budaya, Pam Pasar, dan Satgas Selasa Wage,” kata Kepala Satuan polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta, Agus Winarto, Rabu (19/8/2020).

Seluruh petugas ini akan dikerahkan mulai Kamis (20/8/2020). Petugas akan ditempatkan di 20 pos yang ada di sepanjang Jalan Malioboro. Selain itu akan ada imbauan dari petugas yang dilakukan oleh Pasukan Edukasi. “Pasukan Edukasi juga akan menyamaikan melalui radio dan imbauan,” katanya.

Sementara Kepala UPT Malioboro Ekwanto mengatakan petugas akan memeriksa suhu tubuh setiap pengunjung. “Sebelum turun dari bus, kordinator bus harus turun dan memberikan data ke petugas,” katanya.

Baca Juga: Malam Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik Libur Panjang Tahun Baru Hijriah

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, protokol kesehatan tidak hanya berlaku untuk pengunjung saja. Namun juga bagi seluruh pedagang, pelaku wisata sampai di hotel dan restoran. “Mari kita sama-sama menjaga protokol kesehatan,” katanya.

Jika nanti ada pelanggaran, petugas diarahkan untuk melakukan penindakan secara persuasif. Meskipun aturan pemberian sanksi sudah jelas.

Baca Juga: Libur Panjang Tahun Baru Islam, Warga Diminta Terapkan Protokol Kesehatan saat Berwisata 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini