Bijih Plastik dan Angin Kencang Hambat Pemadaman Api di Pabrik Polytron

Taufik Budi, Okezone · Selasa 01 September 2020 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 512 2271076 bijih-plastik-dan-angin-kencang-hambat-pemadaman-api-di-pabrik-polytron-hdXZ1Q3JzI.jpg Kebakaran pabrik Polytron, Demak, Jawa Tengah (Foto: Taufik Budi)

DEMAK - Petugas masih berjibaku melawan api yang melahap pabrik elektronik PT Hartono Istana Teknologi (HIT) di Jalan Raya Pantura Semarang -Demak KM 08 Jawa Tengah. Banyaknya benda mudah terbakar dan embusan angin mengakibatkan api sulit dikendalikan.

"Gudang yang terbakar ini ada bijih plastik yang mudah terbakar, sehingga untuk perambatannya api cukup cepat. Ditambah lagi dengan angin," kata petugas BPBD Demak Wahyu Murdoko, di lokasi kejadian, Selasa (1/9/2020).

Baca Juga: Kebakaran Pabrik Polytron, Api Belum Bisa Dikendalikan 

Untuk mengatasi kebakaran tersebut, sejumlah mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi kejadian. Di antaranya dari Demak, Kudus, Kota Semarang, serta beberapa unit pemadam kebakaran milik perusahaan swasta.

"Memang kondisinya sangat panas di lokasi. Agar api tidak semakin merambat, di lokasi yang sudah padam itu masih pendinginan. Sementara yang yang belum terbakar itu kita semprot biar tidak merambat apinya," terang dia.

Kebakaran yang melahap sejumlah gudang di pabrik elektronik terkenal itu terjadi sekira pukul 13.30 WIB. Karyawan yang tengah bekerja langsung berhamburan menyelamatkan diri. Setidaknya tiga gudang yang dilalap api di antaranya Gudang BS, Gudang ASS (accecoris), dan Gudang Return.

Baca Juga: Pabrik Polytron Terbakar, Karyawan Khawatir Tak Bisa Kerja Lagi

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini