Ini Ciri-Ciri Pelaku Penembakan Mesin ATM di Kota Malang

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 02 September 2020 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 519 2271451 ini-ciri-ciri-pelaku-penembakan-mesin-atm-di-kota-malang-Twau4Wogjp.jpg Lokasi penembakan di ATM Mandiri Kota Malang, Jawa Timur dipasang garis polisi (Foto: Okezone/Avirista M)

KOTA MALANG - Polisi masih melakukan penyelidikan terhadap penembakan gerai anjungan tunai mandiri (ATM) milik Bank Mandiri di Jalan Kawi, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Kasatreskrim Polresta Malang Kota AKP Azi Pratas Guspitu mengungkapkan, berdasarkan pemeriksaan dan olah tempat kejadian perkara (TKP) di sekitar lokasi penembakan, ia menduga senjata yang digunakan kedua pelaku jenis senjata softgun.

"Kami tidak menemukan proyektil atau selongsong di lokasi kejadian. Kami hanya menemukan peluru gotri di trotoar depan boks ATM Mandiri," ucap Azi Pratas Guspitu kepada media, Rabu (2/9/2020) di Mapolres Malang Kota.

Baca Juga:  Kronologi Penembakan Mesin ATM, Pelaku Letupkan 3 Kali Tembakan

Pihaknya juga masih mendalami terduga pelaku dengan memeriksa sejumlah saksi yang ada di sekitar lokasi kejadian, termasuk di antaranya satu pegawai SPBU, yang lokasinya tak jauh dari gerai ATM dan pegawai Bank Danamon yang lokasinya juga di sekitar gerai ATM.

"Sudah ada dua saksi yang kami periksa. Kami akan memeriksa saksi lain yang ada di sekitar TKP pada hari ini," tambahnya.

Dari keterangan saksi - saksi dan penyelidikan ditemukan sketsa ciri fisik terduga pelaku. Namun, Azi memastikan pihaknya belum mengetahui identitas kedua pelaku tersebut.

"Ciri-cirinya, satu pelaku tinggi kurus, memakai penutup muka buff, rambut sekitar 10 - 15 cm, dan tidak memakai helm. Sedangkan pelaku lain di atas motor, dan memakai helm. Kami belum tahu jenis motor yang digunakan pelaku. Tetapi sesuai keterangan saksi, pelaku menggunakan motor Honda Vario warna merah," terangnya.

Awalnya satu pelaku mendekat ke arah satpam ATM. Saat mereka bertatap muka, pelaku berteriak, lalu tangan pelaku memegang bahu korban.

"Kemudian, pelaku mendorong korban ke depan, langsung mengeluarkan senjata, dan menembakkan ke arah kaca gerai ATM," tuturnya

Baca Juga:  Tim Labfor Polda Jatim Selidiki Kasus Penembakan Mesin ATM

Usai tembakan pertama ini, petugas keamanan ATM memberikan perlawanan hingga pelaku menembakkan kembali ke arah korban. Namun korban berhasil menangkis aksi koboi dari percobaan tembakan yang diarahkan ke korban.

"Korban menangkis tembakan kedua itu sehingga jari jempol tangan kanan terluka akibat terserempet peluru. Lalu pelaku kabur naik motor ke Jalan Tangkuban Perahu. Pelaku menembak lagi ke arah korban yang berusaha mengejar," bebernya.

"Tapi, tembakan ketiga tersebut meleset dan tidak mengenai korban, dan akhirnya pelaku berhasil kabur," imbuhnya.

Saat ini, pihaknya koordinasi dengan Laboratorium Forensik Polda Jatim terkait jadwal pemeriksaan di lokasi kejadian.

"Nantinya akan dilakukan penyelidikan terkait pecahan kaca, peluru yang digunakan pelaku, dan arah tembakan di lokasi kejadian," pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya terjadi aksi penembakan di sebuah mesin ATM Bank Mandiri di Jalan Kawi, Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang pada Senin malam 31 Agustus 2020 sekitar pukul 22.00 WIB. Penembakan dilakukan oleh orang tak dikenal dengan menggunakan pistol yang diduga jenis senapan api.

Pelaku diketahui berjumlah dua orang, satu pelaku yang turun dan menembakkan pistolnya, sedangkan satu orang lagi menunggu di sepeda motor. Kepolisian sendiri masih melakukan penyelidikan terkait peristiwa ini termasuk jenis senjata apa yang digunakan pelaku menembak mesin ATM tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini