Salah Spesifikasi, Siswa Yunani Dibagikan Masker Raksasa yang Tutupi Seluruh Wajah

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 16 September 2020 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 18 2278916 salah-spesifikasi-siswa-yunani-dibagikan-masker-raksasa-yang-tutupi-seluruh-wajah-hYXfoF3Ahx.jpg Foto: Twitter/@Greek_friends.

ATHENA - Rencana Yunani untuk memasok sekolah-sekolah nasional dengan masker wajah gratis menemui kegagalan total setelah masker yang dikirim ternyata terlalu besar untuk anak-anak dan orang dewasa karena ukuran yang salah. Para pejabat Yunani mengakui kegagalan tersebut pada Selasa (15/9/2020), setelah gelombang pertama masker dikirim ke sekolah-sekolah minggu ini.

"Ukurannya terlalu besar sejak awal," kata kontraktor Yiannis Stathopoulos, yang memenangkan tender 500.000 masker, kepada Open TV pada Selasa.

Masker yang ditujukan untuk anak di bawah 10 tahun berukuran 10 kali 18 sentimeter, dan untuk anak sekolah yang lebih tua berukuran 12 kali 22 sentimeter.

Wakil Menteri Kesehatan Vassilis Kontozamanis mencoba menjelaskan kegagalan tersebut sebagai "kesalahpahaman" antara pemerintah dan kontraktor, dengan menyatakan pengukuran diberikan untuk kain yang "dijahit sebelumnya".

BACA JUGA: Pria Bugil Bikin Heboh, Masker untuk Wajah Digunakan di Kemaluannya

Rupanya, mereka yang memesan masker tidak mau repot-repot menjelaskan bagaimana tepatnya kain-kain itu harus "dijahit sebelumnya" karena produk akhirnya terlalu besar tidak hanya untuk anak-anak tetapi untuk semua orang, demikian diwartakan RT.

Pembuat masker itu, Stathopoulos bersikeras dia telah mengikuti kontraknya sesuai dengan surat yang diterima, menjelaskan spesifikasi yang telah diberikan oleh komite ahli kesehatan pemerintah Yunani untuk virus corona.

Media sosial Yunani dibanjiri dengan foto-foto absurd dari masker raksasa yang dibawa pulang anak sekolah.

Dalam kebanyakan kasus, masker wajah yang seharusnya menutupi mulut dan hidung berfungsi sebagai masker seluruh wajah, dan harus dilubangi agar yang mengenakannya bisa melihat. Warganet dengan cepat menjuluki masker-masker itu sebagai "masker parasut".

Kegagalan memalukan masker pemerintah itu mendapat kecaman dari sesama pejabat juga, bahkan saudara perempuan perdana menteri Yunani, anggota parlemen partai berkuasa Dora Bakoyannis, menggambarkannya sebagai "bencana". Kementerian kesehatan telah berjanji untuk memperbaiki masalah masker ini.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini