Ledakan Besar Guncang Selatan Lebanon, Diduga Berasal dari Rumah Milik Hizbullah

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 23 September 2020 09:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 18 2282221 ledakan-besar-guncang-selatan-lebanon-diduga-berasal-dari-rumah-milik-hizbullah-x6UyzNmsnk.jpg Foto: Twitter.

BEIRUT - Sebuah ledakan dahsyat mengguncang Desa Qana di selatan Lebanon pada Selasa (22/9/2020). Rekaman video dari tempat kejadian menunjukkan gumpalan besar asap dan debu yang muncul dari lokasi ledakan, yang dilaporkan mengenai properti milik Hizbullah.

Media setempat melaporkan ledakan itu terjadi di sebuah rumah yang dimiliki oleh Hizbullah. Kelompok tersebut membentuk penjagaan keamanan ketat di sekitar lokasi ledakan.

BACA JUGA: Dahsyatnya Ledakan di Beirut Picu Gempa Bumi, Guncangan Dirasakan Sampai Siprus

Keterangan sumber keamanan Lebanon yang dilansir RT menyebutkan ledakan itu kemungkinan disebabkan oleh kesalahan teknis di gudang senjata. Citra dari tempat kejadian menunjukkan ledakan tersebut menyebabkan kerusakan parah pada bangunan di dekatnya.

BACA JUGA: Timbulkan Awan Jamur, Ledakan Beirut Sempat Dikira Bom Nuklir

Reuters melaporkan beberapa orang terluka akibat ledakan itu, namun angka pasti belum diketahui.

Lebanon tengah berusaha bangkit setelah ledakan dahsyat di pelabuhan Beirut yang meluluhlantakkan sebagian ibu kota negara itu. Ledakan yang menewaskan hampir 200 orang itu disebabkan 2.700 ton amonium nitrat yang disimpan secara sembrono di salah satu hangar pelabuhan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini