Ulama Terkenal Ditembak Mati di Pasar Karachi, Pakistan Salahkan India

Agregasi VOA, · Senin 12 Oktober 2020 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 18 2292250 ulama-terkenal-ditembak-mati-di-pasar-karachi-pakistan-salahkan-india-FmwENW9BZB.jpg Dr. Adil Khan. (Foto: Media Sosial)

ISLAMABAD - Seorang ulama terkemuka Pakistan dan sopirnya ditembak mati dalam sebuah serangan yang diduga terkait sektarian.

Maulana Adil Khan sedang dalam perjalanan pulang pada Sabtu (10/10/2020) malam ketika beberapa pria bersenjata yang mengendarai sebuah motor menghujani mobilnya dengan peluru di sebuah kawasan pasar di Karachi.

BACA JUGA: Kota di Pakistan Membara Akibat Kasus Pembunuhan Gadis Cilik 

Khan, seorang akademisi dari sekte Sunni Doebandi, mengelola pesantren yang diberi nama Jamia Farooqia, di Karachi, kota terbesar di Pakistan yang berpenduduk 15 juta orang.

Selama bertahun-tahun, Karachi telah mengalami kekerasan politik, sektarian dan militan yang telah menyebabkan ribuan tewas. Namun, para pejabat mengatakan berbagai operasi keamanan selama bertahun-tahun telah menyebabkan situasi membaik di kota pelabuhan itu, meskipun beberapa serangan yang terisolasi masih terjadi.

Perdana Menteri Imran Khan mengecam pembunuhan ulama itu dan menyalahkan India yang menurutnya berusaha menyulut konflik sektarian di Pakistan.

"Pemerintahan saya sudah tahu & saya berulang kali menyatakan ini di TV, sejak 3 bulan lalu India berusaha untuk membunuh para akademisi dari sekte Sunni & Syiah untuk menciptakan konflik sektarian di seluruh negara ini," cuit Khan lewat Twitter sebagaimana dilansir VOA.

BACA JUGA: Mantan Hakim di Pakistan Dihukum Mati karena Ikut Atur Pembunuhan

Dia mengatakan bahwa agen-agen keamanan Pakistan telah mencegah "beberapa upaya itu" dalam beberapa bulan belakangan. "Ulama kita dari semua sekte harus memastikan agar warga tidak terjebak dalam plot India untuk mendestabilisasi Pakistan," tambah Khan.

India belum segera mengomentari tuduhan itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini