Setidaknya 59 Mayat Ditemukan di Kuburan Massal Meksiko

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 30 Oktober 2020 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 18 2301608 setidaknya-59-mayat-ditemukan-di-kuburan-massal-meksiko-HFMNZjxsbH.jpg Foto: EPA.

MEXICO CITY - Sebanyak 59 jenazah, sebagian besar dari kaum muda, telah ditemukan di kuburan tak bertanda di Meksiko. Mayat-mayat tersebut, kemungkinan berasal dari remaja, ditemukan di Negara Bagian Guanajuato.

Penemuan itu dilakukan di Kotamadya Salvatierra, daerah yang telah menjadi salah satu tempat paling kejam di Meksiko, saat kartel obat bius berjuang untuk menguasai jalur perdagangan, demikian diwartakan BBC.

Lebih dari 2.200 pembunuhan tercatat di Negara Bagian Guanajuato dalam delapan bulan pertama tahun ini.

BACA JUGA: Serang Kota, Kartel Meksiko Bakar Kendaraan dan Tembaki Pasukan Keamanan

Penemuan suram itu terjadi setelah keluarga orang hilang menyampaikan laporan, kata Karla Quintana, kepala Komisi Pencarian Nasional Meksiko. Dia menambahkan bahwa setidaknya 10 dari korban adalah perempuan.

Lebih dari 80 orang terlibat dalam pencarian kuburan setelah pihak berwenang diberi tahu tentang kemungkinan lokasi mereka, meskipun tidak jelas siapa yang memberikan informasi tersebut.

Diperlukan total 52 penggalian sampai mayatnya ditemukan, kata komisaris pencarian Hector Diaz.

Guanajuato terkenal karena kekerasan terkait geng.

BACA JUGA: Geng Bersenjata Meksiko Serang Pusat Rehabilitasi Narkoba, Tewaskan Sedikitnya 24 Orang

Pada Juli, orang-orang bersenjata menyerbu pusat rehabilitasi narkoba di Irapuato, Guanajuato, menewaskan 24 orang. Itu terjadi setelah serangan serupa di fasilitas rehabilitasi di kota yang sama kurang dari sebulan sebelumnya.

Presiden Andrés Manuel López Obrador, yang berkuasa pada akhir 2018, berjanji untuk menindak kekerasan geng. Namun, tingkat pembunuhan nasional mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada 2019.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini