Perwakilan Austria Puji Solidaritas Capres AS untuk Penembakan di Wina

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Jum'at 06 November 2020 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 18 2305243 perwakilan-austria-puji-solidaritas-capres-as-untuk-penembakan-di-wina-CzrOhIF5rM.JPG Warga berdoa di karangan bunga (Foto: Reuters/Leonhard Foeger)

WASHINGTON – Sebelum tempat-tempat pemungutan suara (TPS) dibuka, kedua calon Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dan Joe Biden, menyempatkan diri menyampaikan bela sungkawa untuk rakyat Austria atas serangan teror yang terjadi. Solidaritas itu menuai pujian dari Duta Besar Austria untuk AS, Martin Weiss.

“Karena bagi mereka berdua, ini adalah hari terakhir kampanye pemilihan presiden, yang sangat penting bagi keduanya, sekaligus meluangkan waktu untuk menyampaikan pesan-pesan tersebut,” ujar Martin Weiss, dikutip dari laman VOA, Jumat (6/11/2020).

Seperti diketahui, teror terjadi di Ibu Kota Wina, Austria, pada Senin 2 November 2020 malam waktu setempat. Seorang pria melepaskan tembakan di enam titik di Wina dan menewaskan sedikitnya empat orang. Pelaku sendiri tewas ditembak oleh polisi.

Baca juga: Rakyat AS Terpecah dalam Pilpres 2020, Ini Penyebabnya

Sekali pun disibukkan dengan kabar dari negara asalnya, Martin Weiss tetap menyempatkan diri memantau pemilihan presiden di AS. Ia juga tidak lupa menyampaikan catatan terima kasih kepada warga lokal yang memberikan dukungan.

“Bagaimana pun, ini adalah hari pemilihan, yang telah lama ditunggu-tunggu oleh seluruh negeri,” sambung Martin Weiss.

Duta Besar Martin Weiss tentu saja bukan satu-satunya warga Austria di Negeri Paman Sam, yang tertarik dengan sistem pemilihan di Amerika Serikat. Sedikitnya 20 jurnalis datang dari Austria untuk meliput pemilihan tersebut.

“Kami punya 15-20 jurnalis dari Austria di sini untuk meliput pemilu. Beberapa datang lebih awal, sementara yang lain datang hanya selama pekan pemilu,” tukas Martin Weiss.

“Mereka menyebar ke berbagai negara bagian yang jadi medan pertempuran, sehingga masyarakat Austria mendapat banyak laporan dari Florida, Arizona, Pennsylvania, dan seterusnya. Ada minat yang tinggi di Austria,” tandasnya. 

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini