Ketua Pengadilan di Harbin Tewas Ditikam Usai Sidangkan Perkara Perceraian

Antara, · Selasa 17 November 2020 09:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 18 2310773 ketua-pengadilan-di-harbin-tewas-ditikam-usai-sidangkan-perkara-perceraian-6HSRdo8c85.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BEIJING - Seorang ketua pengadilan di Harbin, Provinsi Heilongjiang, China, tewas ditikam seorang pria usai menyidangkan perkara perceraian.

Biro keamanan publik setempat dalam unggahannya di akun Sina Weibo, Senin 16 November 2020 malam, mengumumkan kematian ketua pengadilan bermarga Hao yang terjadi setelah sidang perceraian pada Jumat 13 November.

Baca Juga: China Akhirnya Ucapkan Selamat Kepada Biden Atas Kemenangan Pilpres AS

Namun, biro yang fungsinya sama dengan kepolisian tersebut belum bisa mengaitkan kasus itu dengan gugatan cerai yang diajukan pelaku, apakah diterima atau tidak. Namun, yang jelas pelaku bermarga Wu memasuki ruang sidang Zhoujia pada Jumat 13 November dengan membawa senjata tajam.

Kepolisian Shuangcheng di bawah Biro Keamanan Publik Harbin menerima laporan penikaman Hao beberapa saat setelah sidang. Wu langsung ditangkap petugas di lokasi kejadian dan mengakui perbuatannya.

Sampai saat ini polisi masih menyelidiki kasus tersebut, demikian media China, Selasa (17/11/2020). Baca Juga: Terdeteksi Covid-19, China Tangguhkan Impor Ikan dari Indonesia

Kasus di ujung timur laut daratan China tersebut mengingatkan insiden serupa yang terjadi di Pengadilan Agama Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada 15 tahun silam.

Hakim di PA Sidoarjo, Taufiq (52), tewas bersimbah darah akibat tusukan sangkur seorang perwira TNI Angkatan Laut berpangkat kolonel M Irfan saat membacakan putusan perkara perceraiannya dengan istrinya, Eka Suhartini, pada 21 September 2005.

Dalam kasus itu Eka, yang dalam sidang tersebut duduk bersebelahan dengan pelaku, juga tewas terkena sabetan senjata tajam pelaku.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini