AS dan Israel Rencanakan Serangan ke Iran di Hari-Hari Terakhir Pemerintahan Trump

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 25 November 2020 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 18 2315746 as-dan-israel-rencanakan-serangan-ke-iran-di-hari-hari-terakhir-pemerintahan-trump-fii7JINdk9.jpg Foto: Reuters.

TEL AVIV - Israel dan Amerika Serikat (AS) dilaporkan berencana melancarkan "operasi rahasia" dan meningkatkan tekanan pada Teheran selama hari-hari terakhir Presiden Donald Trump menjabat di Gedung Putih, demikian dilaporkan Times of Israel.

Menurut Channel 13, Israel dan AS percaya bahwa Iran tidak akan mengambil tindakan militer apa pun sebagai tanggapan atas serangan apa pun sebelum era Trump berakhir. Washington memberikan tekanan maksimum terhadap Iran untuk merusak kemungkinan kerja sama dengan pemerintahan baru AS di bawah Presiden terpilih Joe Biden, tambah laporan itu sebagaimana dilansir Middle East Monitor.

BACA JUGA: Tinggal 2 Bulan Berkuasa, Trump Pertimbangkan Serangan Militer ke Iran

TV Israel juga melaporkan hubungan antara Israel dan pembunuhan beberapa ilmuwan nuklir Iran.

Pekan lalu, New York Times melaporkan bahwa agen Israel membunuh orang nomor dua Al-Qaeda Abu Muhammad Al-Masri di Teheran pada Agustus atas perintah AS. Iran membantah laporan tersebut.

BACA JUGA: Iran Peringatkan Pembalasan Dahsyat Jika AS Serang Fasilitas Nuklirnya

The New York Times juga melaporkan bahwa Trump telah bertanya kepada penasihat senior apakah dia memiliki opsi untuk mengambil tindakan terhadap situs nuklir utama Iran dalam beberapa minggu mendatang.

Namun, para penasihat Trump, termasuk Wakil Presiden Mike Pence; Menteri Luar Negeri Mike Pompeo; dan Menteri Pertahanan Christopher C. Miller membujuknya untuk tidak melanjutkan serangan militer, memperingatkan bahwa serangan terhadap fasilitas Iran dapat dengan mudah meningkat menjadi konflik yang lebih luas pada minggu-minggu terakhir masa kepresidenannya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini