14 Rumah di Kabupaten Nias Terbakar, Salah Satunya Milik Sekda

Robert Fernando H Siregar, Okezone · Rabu 25 November 2020 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 608 2315925 14-rumah-di-kabupaten-nias-terbakar-salah-satunya-milik-sekda-KEEX2PxCJp.jpg (Foto: Dok Polres Nias)

NIAS - Sebanyak 14 rumah di Jalan Diponegoro, Desa Tetehosi, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara, ludes terbakar. Salah satu rumah yang terbakar milik Sekretaris Daerah Nias Firman Yanud Larosa. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun kerugian material ditaksir miliaran Rupiah. 

Paur Humas Polres Nias, Aiptu Yadsen Hulu menerangkan, musibah kebakaran itu terjadi Selasa 24 November 2020, sekira Pukul 23.45 WIB. Kejadian itu pertama sekali dilihat oleh Ibezaro Saoiago (saksi).

"Saat piket jaga malam, saksi melihat api dari bengkel milik Syukur Zebua alias Ama Gibran Zebua. Saksi melihat api melalui celah dinding kayu. Dan waktu bersamaan, Saharman Zebua alias Ama Iman Zebua melihat hal yang sama hingga berteriak minta tolong," ujar Aiptu Yadsen Hulu kepada Okezone, Rabu (25/11/2020).

Foto: Polres Nias.

Aiptu Yadsen Hulu menjelaskan, Saharman menyuruh anaknya untuk memanggil Syukur Zebua agar membuka bengkelnya sembari berusaha memadamkan kobaran api yang membakar bengkel itu.

Baca juga:  Ruang Guru SD di Bogor Terbakar, Polisi Duga Ulah OTK

"Namun kobaran api dengan cepat membesar dan merambat ke bengkel Ama Ardian. Lalu terjadi ledakan dasyat di dalam bengkel las milik Ama Ardian dan diduga ledakan bersumber dari tabung las asetelin atau las karbet yang meledak,"ungkap Aiptu Yadsen Hulu. 

Masyarakat dan TNI/Polri, sebut Aiptu Yadsen Hulu, berusaha memadamkan kobaran api secara manual, namun tidak berhasil. Kobaran api berhasil dipadamkan oleh mobil Damkar milik Pemkab Nias dan Mobil Damkar milik BNPB, Rabu 25 November 2020, Pukul 2.30 WIB.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian material ditaksir miliaran Rupiah. Sementara penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Saat ini para korban menginap di rumah keluarga masing-masing yang ada di Desa itu dan Pemerintah Desa Tetehosi sudah menyiapkan Sembako untuk keluarga korban,"ujar Aiptu Yadsen Hulu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini