Sungai SerayuMeluap, Jalan Nasional Banyumas-Yogyakarta Putus Terendam Banjir

Heri Susanto, iNews · Kamis 03 Desember 2020 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 512 2320826 sungai-serayumeluap-jalan-nasional-banyumas-yogyakarta-putus-terendam-banjir-0BcpZAZ1mO.png Jalan Banyumas-Yogyakarta putus akibat banjir. ((Foto: tangkapan layar)

BANYUMAS - Jalan nasional yang menghubungkan Banyumas-Yogyakarta tepatnya di Desa Pegalongan, Banyumas, Jawa Tengah, lumpuh akibat terendam banjir. Banjir yang menggenangi jalan ini setinggi satu meter membuat jalan ini terputus.

Sunarto, salah seorang pengendara motor mengakui, warga yang memakai kendaraan motor seperti dirinya tidak bisa melintas karena air yang cukup tinggi menggenangi jalan. “Hanya kendaraan berukuran besar yang mampu menerjang banjir,” ungkap Sunarto, Kamis (3/12/2020).

(Baca juga: Pemuda Muhammadiyah Siap Kerahkan Kokam Jaga Rumah Mahfud MD)

Bahkan, sejumlah pengendara motor mogok karena nekat menerjang banjir. Sejumlah warga menyewakan gerobak untuk mengangkut pengendara beserta motor yang terjebak banjir.

Kepala BSPT Dishub Propinsi Jateng Bambang Setiarto mengatakan, banjir ini diakibatkan oleh meluapnya Sungai Serayu, setelah diguyur hujan deras selama beberapa hari. Akibat rendaman jalan yang menghubungkan Banyumas, Semarang dan Yogyakarta ini ditutup. “Sedangkan arus lalu lintas dialihkan ke ruas jalan lain,” kata Setiarto.

(Baca juga: Pasukan Khusus TNI Tiba di Palu, Perkuat Satgas Tinombala) 

Selain memutuskan jalan, bencana banjir akibat meluapnya Sungai Serayu ini juga merendam puluhan pemukiman warga di sepanjang bantaran sungai. BPBD Banyumas mengimbau warga untuk waspada jika luapan sungai semakin tinggi, karena curah masih cukup tinggi.

(don)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini