Gempa Susulan M4,7 Guncang Talaud, Komunikasi dengan Pulau Terluar Masih Putus

Subhan Sabu, Okezone · Kamis 21 Januari 2021 22:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 340 2348705 gempa-susulan-m4-7-guncang-talaud-komunikasi-dengan-pulau-terluar-masih-putus-3P7AmN29mu.jpg Foto: Shutterstock

MANADO - Gempa bumi tektonik kembali mengguncang Kabupaten Kepulauan Talaud. Gempa susulan tersebut berkekuatan Magnitudo 4,7 terjadi sekira pukul 22.40 WITA yang berlokasi di 4.92 Lintang Utara, 127.29 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 122 km Timur Laut Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 137 Km.

"Yang teranalisa dari kami baru satu kali gempa susulan," kata Koordinator bidang data dan Informasi BMKG Sulut Edward H Mengko kepada MNC Media Portal Indonesia, Kamis (21/1/2021)

Sebelumnya Talaud diguncang Gempa M 7,1 sekira pukul 20.23 WITa. Sampai dengan saat ini, belum ada informasi adanya korban jiwa akibat gempa tersebut. Dari informasi sementara terjadi kerusakan beberapa petak lantai dan dinding retak ringan di kamar bersalin di RSUD Mala, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Selain itu juga kerusakan dialami oleh Keluarga Desinung - Naulana di Desa Bantik, Kecamatan Beo dimana dinding belakang rumahnya roboh. Begitu juha dengan Keluarga Magenda-Pontoh di Desa Mala Kecamatan Melonguane dimana dapurnya roboh akibat gempa tersebut.

Penjelasan BMKG soal Penyebab Gempa Sulut M 7,1

Kerusakan ringan juga dialami oleh Keluarga Rade - Arendeng dan Keluarga Mulaki - Maasawet di Desa Rae Kecamatan Beo Utara serta Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane yang mengalami keretakan dinding.

Kabag Pemerintahan Pemkab Talaud Sepno Lanta mengatakan saat ini lampu di Kabupaten Kepulauan Talaud sudah menyala setelah sebelumnya mati. Namun komunikasi di Pulau Miangas masih terputus.

"Belum terkoneksi, karena belum ada jaringan, jadi belum dapat informasi sampai saat ini," kata dia.

Miangas merupakan salah satu pulau yang ada di Kecamatan Nanusa yang terletak di ujung paling utara wilayah Indonesia dan secara administratif berada di provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Kepulauan Talaud dan berbatasan langsung dengan Filipina.

Terdapat Delapan pulau di kecamatan tersebut, empat pulau berpenghuni yakni Pulau Karatung, Marampit, Kakorotan dan Miangas serta empat pulau sisanya tak berpenghuni, yakni Pulau Intata, Mangupun, Garat dan Malo.

Berdasarkan peta guncangan yang diberikan oleh BMKG Sulut, terlihat bahwa bahwa daratan terdekat epicenter adalah di kecamatan Nanusa, yaitu di pulau Karatung, Marampit, Miangas dan lain-lain. Namun karena keterbatasan akses informasi dimana lampu padam dan jaringan telepone putus maka BMKG Kesulitan mendapatkan informasi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini