Kemlu : Tidak Ada WNI Jadi Korban Ledakan di Riyadh

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 26 Januari 2021 21:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 18 2351312 kemlu-tidak-ada-wni-jadi-korban-ledakan-di-riyadh-tnUbWWrvVp.jpg Plt Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah (Dok Kemlu RI)

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memastikan hingga saat ini tidak ada laporan Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam peristiwa ledakan di Riyadh, Arab Saudi.

"Hingga saat ini tidak ada laporan WNI menjadi korban ledakan di Riyadh," kata Plt Jubir Kemlu Teuku Faizasyah saat dikonfirmasi, Selasa (26/1/2021).

Teuku juga memastikan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Riyadh telah menerbitkan imbauan kepada WNI yang ada di Arab Saudi terkait ledakan di Riyadh. Namun, ia tak merinci apa imbauannya tersebut.

"KBRI sudah memberikan imbauan," ujarnya.

Sebelumnya, ledakan besar di Riyadh Arab Saudi menggegerkan publik. TV Al Arabiya milik Saudi mengutip laporan lokal tentang ledakan dan video yang beredar di media sosial yang menunjukkan sebuah rudal dicegat di Riyadh.

Dikutip dari Reuters, penyebab ledakan itu masih dalam penyelidikan. Beberapa saksi juga melaporkan mendengar dua suara keras dan melihat kepulan kecil asap di atas ibu kota sebelum pukul 1 siang waktu setempat.

Baca Juga : Breaking News: Ledakan Besar Terdengar di Riyadh Arab Saudi

Tidak ada komentar langsung dari otoritas Saudi, atau klaim tanggung jawab apa pun.

Pasukan Houthi yang berpihak pada Iran di Yaman telah melakukan banyak serangan lintas batas ke Saudi menggunakan drone dan rudal sejak koalisi pimpinan Saudi turun tangan di Yaman awal 2015 untuk memulihkan pemerintahan yang digulingkan Houthi dari kekuasaan.

Serangan rudal dan serangan pesawat tak berawak yang diklaim oleh pasukan Houthi telah menargetkan bandara sipil dan infrastruktur minyak di Arab Saudi, kadang-kadang mencapai Riyadh.

Pada hari Sabtu, koalisi militer pimpinan Saudi yang beroperasi di Yaman mengatakan telah mencegat dan menghancurkan "target udara musuh" yang diluncurkan menuju Riyadh.

Baca Juga : Ledakan di Riyadh Arab Saudi, Saksi Dengar 2 Suara Keras

Houthi membantah bertanggung jawab atas serangan itu, sementara kelompok yang sampai sekarang tidak dikenal menyebut dirinya Alwiya Alwaad Alhaq, yang secara kasar diterjemahkan sebagai 'Brigade Janji Sejati', mengklaimnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini