Kelabuhi Polisi, Kurir Narkoba Sembunyikan 8,3 Kg Sabu di Tumpukan Durian

Sony Hermawan, iNews · Rabu 27 Januari 2021 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 519 2351995 kelabuhi-polisi-kurir-narkoba-sembunyikan-8-3-kg-sabu-di-tumpukan-durian-7kLbRnuSbg.jpg Sabu disembunyikan di tumpukan durian (Foto: Sony Hermawan)

SURABAYA - Satresnarkoba Polrestabes Surabaya berhasil menggagalkan penyelundupan sabu-sabu yang hendak masuk ke Surabaya. Sabu-sabu yang diketahui berasal dari Medan itu dibawa oleh para kurir sabu lintas pulau.

Menariknya, untuk mengelabuhi petugas, 8,3 Kilogram sabu tersebut dikemas dalam bungkus teh china dan disembunyikan dalam tumpukan durian.

Suasana tegang saat petugas Unit I Satresnarkoba Polrestabes Surabaya melakukan penangkapan terhadap para kurir sabu-sabu lintas pulau, di kawasan SPBU Sengeti, Jalan Lintas Sumatera, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Baca Juga:  Edarkan Sabu, Mahasiswa Ini Ditangkap Polisi 

Para kurir barang haram tersebut tak berkutik saat petugas menggeledah dan menemukan sekitar 8,3 kilogram sabu-sabu, yang disembunyikan dalam tumpukan durian yang disimpan di jok belakang mobil minibus mereka.

Pengungkapan kasus tersebut berawal dari mengamankan pengedar bernama Jois Sandi (30), warga Jatisari Sidoarjo. Dari tangan Jois, petugas mengamankan satu bungkus sabu seberat 48, 98 gram. Kemudian, dikembangkan hingga akhirnya berhasil menangkap pengedar lainnya bernama Zanuar (18), warga Sambisari Surabaya dengan barang bukti sabu 59, 5 gram.

Tak berhenti di sana, petugas kemudian melakukan pengembangan lebih dalam terkait asal usul barang yang didapat keduanya, yang ternyata berasal dari seorang bandar di Sumatera.

Keduanya bahkan mengatakan pada petugas, sabu-sabu yang mereka edarkan biasa diantar oleh tiga orang kurir. Mereka adalah Ariyansa (25), warga Sedayu Gresik, Holil (42), warga Kroman Gresik dan Dedi Irawan (31), warga Sedayu Gresik.

Wakapolres Surabaya AKBP Hartoyo mengatakan, ketiganya ditangkap di sebuah SPBU di Jambi setelah mengambil barang haram di Medan untuk dibawa lewat jalur darat ke Jawa Timur.

Baca Juga:  Duh! Tahanan Polresta Lampung Kendalikan Jaringan Narkoba dalam Penjara

Dari hasil interogasi, ketiga kurir sabu yang diamankan yaitu Ariyansa, Holil dan Dedi mengaku sudah dua kali mengambil sabu-sabu dari seorang bandar di Medan. Sekali mengantarkan sabu, mereka mendapat upah sebesar Rp10 hingga Rp20 juta.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini