Arab Saudi Tutup Akses Masuk, Jadwal Kepulangan Jamaah Umrah Tidak Terganggu

Tim Okezone, Okezone · Rabu 03 Februari 2021 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 18 2355877 arab-saudi-tutup-akses-masuk-jadwal-kepulangan-jamaah-umrah-tidak-terganggu-JoPhAE8H0J.jpg Foto: Arab News.

JAKARTA – Penutupan akses masuk yang diberlakukan Arab Saudi terhadap warga dari 20 negara, termasuk Indonesia, ke wilayahnya, tidak akan mengganggu jadwal kepulangan jamaah umrah. Hal itu disampaikan pejabat urusan Haji Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah.

Sebagaimana diberitakan, penutupan akses masuk ini akan berlaku mulai Rabu (3/2/2021) pukul 21.00 waktu setempat. Langkah ini merupakan tindakan pencegahan Kerajaan Arab Saudi untuk mencegah penyebaran virus corona.

BACA JUGA: Arab Saudi Perpanjang Larangan Warga 20 Negara Masuki Wilayahnya, Ini Alasannya

"Jadwal kepulangan jemaah umrah masih tetap berjalan, sesuai jadwal. Kalau untuk keluar dari Saudi, tidak ada masalah," terang Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali di Jeddah, Rabu.

Penyelenggaraan ibadah umrah dibuka oleh Saudi untuk warga negara di luar Arab Saudi pada tanggal 1 November 2020 dan hingga 2 Februari 2021, total kedatangan jemaah umrah asal Indonesia di Arab Saudi mencapai 2.603 jemaah. Jemaah tersebut diberangkatkan dari 2 bandara, yaitu Soekarno Hatta, Banten, dan Juanda, Jawa Timur.

BACA JUGA: Terdampak Aturan Larangan Masuk Arab Saudi, WNI Diminta Pantau Situasi

"Saat ini, ada 670 jemaah Indonesia yang masih berada di Arab Saudi. Mereka sedang menjalankan ibadah umrah dan menunggu jadwal kepulangannya.

"Selama di Saudi, mereka tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan sesuai kebijakan pemerintah setempat," lanjut Endang Jumali.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini