Share

Tak Ada Napi di Sumut Dapat Remisi Imlek

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Jum'at 12 Februari 2021 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 608 2360791 tak-ada-napi-di-sumut-dapat-remisi-imlek-L5XIHSIwHn.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

MEDAN - Kementerian Hukum dan HAM menyebut tak ada satupun narapidana (napi) yang menjadi warga binaan dan Lembaga Pemasyarakatan maupun Rumah Tahanan Negara (Rutan) di Sumatera Utara, yang menerima pemotongan masa hukuman (remisi) pada perayaan Imlek 2.572/2021 ini.

Hal itu diungkapkan Kasubag Humas, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham Sumut, Bambang Suhendra, Kamis (11/2/2021).

"Untuk remisi Imlek pada tahun ini, dapat kami laporkan nihil," ujar Hendra.

Setiap tahunnya, remisi atau pengurangan masa hukuman dalam rangka perayaan tahun baru Imlek diberikan kepada narapidana yang beragama Konghucu. Seperti pada Imlek tahun lalu, ada 1 orang yang mendapatkan remisi selama 2 bulan kurungan.

Berdasarkan catatan dari Kanwil Kemenkumham Sumut, lanjut Bambang, saat ini hanya ada tiga orang warga binaan di Lapas/rutan di Sumatera Utara.

"Dengan keterangan satu orang masih berstatus tahanan di Rutan Labuhan Deli sehingga belum bisa memperoleh remisi," terangnya.

Sedangkan dua orang lainnya berstatus narapidana namun kata Bambang, kedua nya belum memenuhi syarat untuk mendapat remisi tahun ini. Keduanya adalah satu orang narapidana terkait PP 99 di Lapas Klas 1 Medan dan satu orang lagi narapidana hukuman seumur hidup di Lapas Labuhan Ruku.

"Keduanya belum memenuhi syarat," pungkas Bambang

Baca Juga : Imlek 2572, Ahok: Semoga di Tahun Kerbau Ini Kita Diberi Kesehatan

Sebagaimana diketahui remisi adalah pengurangan masa hukuman yang didasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Menurut Pasal 1 Ayat 1 Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 174 Tahun 1999, Remisi adalah pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana dan anak pidana yang telah berkelakuan baik selama menjalani pidana terkecuali yang dipidana mati atau seumur hidup. Remisi dapat dibagi dalam 3 bagian yaitu remisi umum, remisi khusus (hari raya besar Agama) dan remisi tambahan.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Menag Yaqut Minta Perayaan Imlek Digelar Sederhana

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini