Mobil SUV Tabrakan dengan Truk Semi-Trailer, 13 Orang Tewas

Susi Susanti, Koran SI · Rabu 03 Maret 2021 08:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 18 2371309 mobil-suv-tabrakan-dengan-truk-semi-trailer-13-orang-tewas-bDsGq184tv.jpg Mobil SUV bertabrakan dengan truk semi-trailer (Foto: CNN)

MEKSIKO – Belasan orang tewas dalam kecelakaan yang melibatkan SUV dan truk semi-trailer di California dekat perbatasan Amerika Serikat (AS)-Meksiko.

Sebuah SUV yang penuh dengan orang-orang dan truk semi-trailer yang mengangkut dua trailer bertabrakan di daerah pedesaan California dekat perbatasan Meksiko pada Selasa (2/3)pagi, menyebabkan sedikitnya selusin tewas dan lainnya dirawat di rumah sakit.

Video di Imperial County menunjukkan dampak brutal dari kecelakaan itu. Truk semi-trailer terlihat menabrak sisi kiri mobil SUV Ford Expedition. Keduanya berhenti di pinggir jalan pedesaan sekitar 10 mil di utara perbatasan.

Petugas rumah sakit dan polisi masih menghitung korban luka dan tewas dalam insiden itu.

(Baca juga: Pendeta Dilaporkan Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap 10.000 Anak di Bawah Umur dan Orang Rentan Sejak 1950)

Kepala Divisi Perbatasan Patroli Jalan Raya California Omar Watson mengatakan pada briefing pagi ada 25 penumpang dalam mobil Ford Expedition selama kecelakaan itu dan 13 orang tewas, termasuk pengemudi berusia 22 tahun itu. Ford Expedition biasanya dapat menampung hingga delapan orang.

"Terlalu dini bagi saya untuk berspekulasi tentang apa yang terjadi pada tabrakan ini. Yang penting adalah 13 orang tewas dalam kecelakaan ini," katanya pada update media kedua.

"Kami berhutang kepada keluarga dari mereka yang terbunuh dan terluka juga pada publik untuk melakukan penyelidikan lengkap dan menyeluruh,” terangnya.

(Baca juga: Covid-19 Renggut "Pria Terakhir" Suku Juma, Suku Asli Amazon)

Watson menggambarkan adegan mengerikan yakni beberapa penumpang terlempar dari kendaraan dan meninggal. Sedangkan yang lain ditemukan tewas di dalam SUV. Dia mengatakan 12 orang tewas di lokasi tabrakan dan satu orang meninggal di rumah sakit.

"Yang jelas kendaraan itu tidak diperuntukkan bagi orang sebanyak itu," ucapnya.

"Sangat disayangkan bahwa sejumlah orang dimasukkan ke dalam kendaraan itu karena tidak ada batasan keamanan yang cukup untuk menahan orang-orang itu dengan aman di dalam kendaraan,” lanjutnya.

Polisi menerima telepon tentang kecelakaan itu sekitar pukul 06:15 pagi. Pada saat kecelakaan itu, truk semi-trailer sedang melakukan perjalanan ke utara di State Road 115 dan Ford Expedition sedang melakukan perjalanan ke barat di Norrish Road.

Watson mengatakan tidak diketahui apakah mobil Ford Expedition itu berhenti di tanda berhenti, tetapi SUV itu memasuki persimpangan di depan truk semi-trailer, yang menyebabkan tabrakan.

Penumpang SUV tersebut berusia antara 16 hingga 55 tahun. Korban termuda yang terluka atau tewas berusia 20 tahun. Pengemudi semitruck, 69 tahun, mengalami cedera ringan.

Para penumpang yang terluka dibawa ke El Centro Regional Medical Center (ECRMC), Desert Regional Medical Center di Palm Springs dan Pioneers Memorial Hospital di dekat Brawley. UC San Diego Health mengatakan menerima tiga pasien yang dipindahkan dari ECRMC melalui ambulans udara.

Watson mengatakan tidak diketahui dari mana asal semua orang di dalam SUV tersebut. Beberapa tidak memiliki identifikasi. Sopir itu berasal dari kota Mexicali di Meksiko.

"Kami dekat dengan perbatasan, jadi ada orang yang bolak-balik setiap hari untuk bekerja," katanya.

Pihak berwenang sedang bekerja dengan konsulat Meksiko untuk menentukan siapa yang berada di dalam kendaraan tersebut dan untuk memberi tahu keluarga terdekat.

"Pasien mengalami masa sulit seperti yang Anda bayangkan," kata CEO Pusat Medis Regional El Centro, Adolphe Edward.

"Ini adalah kecelakaan besar dan kami merawat mereka di unit gawat darurat,” ujarnya.

Edward menyarankan untuk tidak menyebut mereka yang terluka sebagai "tidak berdokumen". Seorang anggota konsulat Meksiko juga hadir pada konferensi pers bersama pejabat rumah sakit.

Direktur komunikasi rumah sakit Todd Burke mengatakan kepada CNN, tiga dari empat pasien yang dirawat di Desert Regional Medical Center berada di unit perawatan intensif.

Sebelumnya Direktur pelaksana departemen ruang gawat darurat di Pusat Medis Regional El Centro, Judy Cruz, mengatakan kendaraan itu memiliki 28 penumpang dan 15 orang tewas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini