Curi Ikan, 10 Kapal Asing Ditenggelamkan di Perairan Pulau Abang

Gusti Yennosa, iNews · Kamis 04 Maret 2021 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 340 2372427 curi-ikan-10-kapal-asing-ditenggelamkan-di-perairan-pulau-abang-3p5of6k6a1.jpg Kapal pencuri ikan ditenggelamkan di Perairan Pulau Abang, Riau (Foto: Gusti Yennosa)

BATAM - Sepuluh unit kapal asing yang melakukan pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia beberapa waktu lalu akhirnya ditenggelamkan. Lima kapal asing asal Vietnam dan Malaysia ini ditenggelamkan di Perairan Pulau Abang, Kota Batam, Kepulauan Riau, pada Kamis (4/3/2021).

Setelah sebelumnya menenggelamkan empat unit kapal asing, Kejaksaan Negeri Batam kembali menenggelamkan 6 kapal yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Kesepuluh unit kapal asing ini merupakan tangkapan petugas Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Batam tahun 2019 dan 4 Maret 2020 lalu.

Tidak seperti penenggelaman kapal asing yang sebelumnya dengan cara diledakkan, maka Kejari Batam memilih melakukan pemusnahan dengan cara ditenggelamkan. Peneggelaman melalui metode pemberian beban berat ke dalam kapal hingga kapal kayu tersebut tenggelam dengan sendirinya.

Baca Juga:  Mencuri di Rumah Anggota Polisi, Bandit Lintas Provinsi Ambruk Ditembak

Sebanyak sepuluh buah kapal asing asal Vietnam dan Malaysia yang melakukan pencurian ikan di wilayah perairan Natuna dan Anambas ditenggelamkan oleh pihak kejaksaan setelah kasusnya telah selesai dan memiliki kekuatan hukum tetap.

Penenggelaman sepuluh kapal asing ini dilakukan di sekitar perairan Pulau Abang, Kecamatan Galang, kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Penenggelaman sendiri dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kepri) atau Kejati serta disaksikan oleh tim dari Kejagung dan Dirjen PSDKP.

Menurut Kepala Kejati Kepri, Hari Setiyono, penenggelaman kapal ini dilakukan dengan cara yang alami agar tidak merusak ekosistem laut dan tumbuh tumbuhan karang.

Selain melakukan penenggelaman kapal, petugas juga melakukan pembakaran terhadap alat-alat tangkap lainnya seperti jaring traol dan pukat harimau.

Baca Juga: Curi Motor Antik, Pemuda Ini Terciduk saat Akan Menjualnya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini