Vladimir Putin Terima Suntikan Vaksin Covid-19 Buatan Rusia

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 24 Maret 2021 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 18 2383146 vladimir-putin-terima-suntikan-vaksin-covid-19-buatan-rusia-Sa4IkJxrT7.jpg Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Facebook)

MOSKOW - Vladimir Putin pada Selasa (23/3/2021) divaksinasi dengan suntikan vaksin Covid-19 buatan Rusia. Inokulasi ini mengakhiri spekulasi berbulan-bulan apakah presiden berusia 68 tahun itu telah menerima suntikan vaksin Covid-19.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Putin “merasa baik-baik saja”, menambahkan bahwa sang presiden memiliki hari kerja penuh yang dijadwalkan pada Rabu (24/3/2021).

BACA JUGA: Sputnik V, Vaksin Covid-19 dari Rusia Akan Masuk ke Indonesia

Kremlin sebelumnya menolak untuk mengungkapkan vaksin mana yang akan disuntikkan kepada Putin, karena Rusia memiliki tiga opsi vaksin Covid-19 buatan dalam negeri. Ini diduga dilakukan untuk menghindari preferensi terhadap salah satu vaksin, yang dapat berdampak penerimaan dua vaksin lainnya.

"Kami sengaja tidak mengatakan vaksin mana yang akan diberikan kepada presiden, menekankan bahwa ketiga suntikan Rusia sangat andal dan efektif," kata Peskov pada Selasa.

BACA JUGA: Putin Bakal Disuntik Vaksin Spunik V, Yakinkan Warganya Program Vaksinasi Aman

Tidak seperti banyak pemimpin dunia, Putin memilih untuk tidak menerima suntikan di depan kamera, dengan Peskov mencatat bahwa presiden "tidak menyukai" gagasan tersebut.

Jika dia telah menerima Sputnik V, vaksin domestik yang paling terkenal, dia akan diharapkan menerima dosis kedua dalam tiga minggu. Dua opsi lain yang memungkinkan adalah CoviVac, dibuat oleh Chumakov Center, atau EpiVacCorona, diproduksi oleh Pusat Vektor Siberia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini