Ini Gambaran Detik-Detik Dahsyatnya Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Balongan

Arif Budianto, Koran SI · Senin 29 Maret 2021 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 525 2385749 ini-gambaran-detik-detik-dahsyatnya-kebakaran-kilang-minyak-pertamina-balongan-r4voiLmWnJ.jpg Kilang minyak terbakar. (Foto: Fathnur R)

INDRAMAYU - Kilang minyak milik PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, terbakar sejak Senin (29/3/2021) dini hari. Ledakan dan kebakaran mengagetkan warga sekitarnya, yang saat itu sedang tertidur lelap. 

Beberapa saksi menyebut, selain menyebabkan hawa panas di sekitarnya, kebakaran tersebut juga menyebabkan efek api yang luar biasa besar di langit Indramayu. 

Berikut ini gambaran detik detik dahsyatnya kebakaran di kilang minyak yang memproduksi berbagai jenis BBM itu.

1. Efek merah seperti matahari terbit

Sebuah video dan gambar saat terjadinya ledakan dan kebakaran di kilang minyak Balongan memperlihatkan efek langit Indramayu yang merah menyala sesaat setelah kilang tersebut terbakar.

Foto: Istimewa

Dari jarak jauh, efek api bahkan tampak seperti matahari terbit. Kuning di bagian tengah dan kemerahan di sekitarnya. 

2. Gumpalan api

Dilaporkan, ada tiga tangki yang terbakar akibat peristiwa tersebut. Kebakaran tersebut menyebarkan semburan api membumbung tinggi ke langit.

Kebakaran menyebabkan gumpalan api silih berganti menyembur ke udara. Efek ini digambarkan seperti ledakan bom dalam film aksi. Bahkan beberapa video memperlihatkan detik-detik saat api seolah meledak dari kecil menjadi besar.

3. Asap pekat hitam

Selain menimbulkan efek api cukup dahsyat, kebakaran Kilang Minyak Balongan juga menimbulkan asap pekat hitam. Hingga pagi hari, asap pekat masih membumbung tinggi ke angkasa. Terdapat beberapa titik asap, dengan satu titik asap pekat berukuran cukup besar dan tinggi.

berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Indramayu, sedikitnya ada 15 orang yang mengalami luka ringan. Sedangkan untuk korban luka berat, jumlahnya mencapai 5 orang.

Warga diungsikan di dua lokasi berbeda, yaitu di GOR PB dengan jumlah pengungsi sebanyak 220 orang dan Pendopo Kantor Bupati Indramayu, sekitar 300 orang.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini