Mengenang Yuri Gagarin, 500 Pesawat Nirawak Terangi Langit Rusia

Agregasi VOA, · Selasa 13 April 2021 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 18 2393661 mengenang-yuri-gagarin-500-pesawat-nirawak-terangi-langit-rusia-Tg4Up59Bya.jpg Astronot Rusia Yuri Gagarin (Foto: AP)

RUSIA - 500 pesawat nirawak atau drone diluncurkan di langit kota Veliky Novgorod, Rusia, pada Minggu malam (11/4) dalam suatu pertunjukkan spektakuler untuk memperingati 60 tahun penerbangan manusia pertama ke luar angkasa.

Ratusan pesawat nirawak itu membentuk roket yang digunakan Yuri Gagarin, yang pertama kali melakukan perjalanan ke luar angkasa pada 11 April 1962, dan juga membentuk satelit pertama di dunia “Sputnik” dan Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Berbagai acara peringatan dilangsungkan di seluruh Rusia untuk memperingati hal itu.

(Baca juga: Pangeran Philip Dianggap Dewa, Masyarakat Adat Vanuatu Berduka)

Misi Gagarin yang berdurasi 108 menit dan membawa Rusia ke Era Antariksa itu menandai pencapaian bersejarah Uni Soviet, yang mengalahkan Amerika dalam pertarungan sengit untuk meluncurkan manusia di luar atmosfir bumi.

Bagi rakyat Uni Soviet – nama lain Rusia ketika itu – penerbangan luar angkasa Yuri Gagarin merupakan kemenangan yang signifikan. Hal ini menambah kebanggaan nasional sejak 12 April 1961, yang merupakan simbol keberanian dan kecakapan teknologi negara.

 (Baca juga: Pasar di Tunisia Ramai Jelang Ramadhan karena Tradisi dan Takut Harga Naik)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini