Menolak Diswab, Pemudik Ini Alasan Takut Alatnya Palsu

Pramono Putra, iNews · Minggu 16 Mei 2021 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 16 519 2410766 menolak-diswab-pemudik-ini-alasan-takut-alatnya-palsu-oJ9lmYwQ40.jpg pemudik jalani tes swab di perbatasan kota Sidoarjo, Jawa Timur (Foto: Pramono Putra)

SIDOARJO - Petugas Gabungan TNI/Polri, PMI, dan Dinkes Sidoarjo yang tergabung dalam Satgas Covid Sidoarjo makin mengintensifkan Razia Penyekatan Jalan di Batas kota Sidoarjo, Jawa Timur. Hal ini dilakukan antisipasi arus balik pemudik Lebaran.

Tidak hanya memeriksa dokumen perjalanan pemudik, Satgas Covid Sidoarjo juga melakukan Swab Antigen yang wajib diikuti oleh pemudik yang terjaring razia penyekatan jalan di batas kota Waru-Sidoarjo.

Baca Juga:  Arus Balik, Ratusan Pemudik yang Tiba di Bekasi Dites Rapid Antigen

Dalam razia Penyekatan Jalan yang digelar Minggu pagi (16/5/2021) di Batas Kota Waru-Sidoarjo, Satgas Covid Sidoarjo melakukan Swab Antigen terhadap lebih dari 20 pemudik arus balik yang akan kembali ke daerah asal.

Meski dari hasil Swab Antigen yang digelar PMI dan Dokkes Polresta Sidoarjo ini tidak ditemukan adanya pemudik yang positif Covid-19, namun sempat diwarnai aksi seorang pemudik yang menolak menjalani Swab Antigen dengan alasan takut dan khawatir alat swab yang digunakan palsu.

Pemudik bernama Rosul, warga Bangkalan-Madura ini akhirnya mau menjalani Swab Antigen setelah Perwira Dokkes Polresta Sidoarjo, Iptu Ruwandi menjelaskan secara rinci jika seluruh peralatan Swab Antigen yang digunakan adalah alat resmi dan layak untuk digunakan.

“Saya takut dan khawatir Mas, karena seperti berita di media TV ada temuan alat swab palsu,” ujar Rosul, Salah satu pemudik yang tidak mau di swab antigen.

Baca Juga:  Rapid Test Antigen di 44 Titik Penyekatan Jabodetabek, Seluruhnya Negatif

Swab Antigen bagi para pemudik Arus balik ini sengaja digelar sebagai upaya untuk antisipasi penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Sidoarjo.

“Kita akan optimalkan Razia Penyekatan Jalan dan Mewajibkan Pemudik untuk menjalani Swab Antigen di Pos Penyekatan Batas Kota,” tegas Ipda Fachri, Perwira Pengendali Satgas Covid-19 Sidoarjo.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini