Tersangka Perahu Terbalik di Kedung Ombo Terancam 10 Tahun Penjara

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 19 Mei 2021 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 512 2412373 tersangka-perahu-terbalik-di-kedung-ombo-terancam-10-tahun-penjara-J5A4vbLfni.jpg Evakuasi jenazah perahu terbalik di Waduk Kedung Ombo (Foto: Solopos)

JAKARTA - Polisi menetapkan dua orang tersangka dalam kecelakaan terbaliknya perahu wisata di Waduk Kedung Ombo, Kemusuk, Boyolali, Jawa Tengah. Salah satu di antaranya masih berusia anak-anak.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menjelaskan, tersangka pertama adalah GPS berumur 13 tahun dan K, berumur 52 tahun.

"Tetap menetapkan dua tersangka terkait insiden tersebut. Pertama inisial GPS ini masih anak-anak usianya 13 tahun, dan K umurnya (52)," kata Ramadhan di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Rabu (19/5/2021). 

Baca Juga: Satu Korban Perahu Tenggelam di Waduk Kedungombo Kembali Ditemukan, Balita 1,5 Tahun

Ramadhan menjelaskan, tersangka yang masih di bawah umur itu mengemudikan perahu motor hingga akhirnya tenggelam di waduk. Sementara, tersangka K merupakan pemilik dari usaha wisata itu.

Mereka berdua merupakan kerabat yang saling mengenal. Penetapan tersangka telah melalui proses gelar perkara dan serangkaian pemeriksaan saksi terhadap peristiwa ini.

"Penetapan kedua tersangka berdasarkan gelar perkara yang dilakukan oleh Polres Boyolali Boyolali setelah melakukan pemeriksaan terhadap 15 orang saksi," ujar Ramadhan.

Karena salah satu masih di bawah umur, polisi memberikan sangkaan kepada yang bersangkutan sesuai dengan Pasal 359 KUHP.

"Tersangka GPS yang masih anak-anak di bawah umur disangkakan dengan Pasal 359 KUHP yaitu karena kealpaannya atau kelalaiannya menyebabkan matinya orang," ucap Ramadhan.

Baca Juga: Kisah Andi, Selamat dari Perahu Tenggelam di Waduk Kedung Ombo namun Istri dan 3 Anaknya Meninggal

Sementara, tersangka K dijerat Pasal 76 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Ia terancam hukuman paling lama 10 tahun penjara.

Sebagaimana diketahui, sebuah kecelakaan air yang melibatkan perahu wisata terjadi di Waduk Kedung Ombo, Dukuh Bulu Desa Wonoharjo, Kemusu, Boyolali, Jawa Tengah. Perahu wisata itu mengangkut 20 orang wisatawan. Dari 20 orang, yang sudah berhasil ditemukan sebanyak 11 orang. Sedangkan 9 orang lainnya tenggelam.

Baca Juga: Cerita Mistis Waduk Kedung Ombo di Tengah Kecelakaan Perahu Wisata

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini