Kapal Terbalik di Tengah Badai, Lebih dari 130 Orang Hilang

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 27 Mei 2021 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 18 2416048 kapal-terbalik-di-tengah-badai-lebih-dari-130-orang-hilang-i5BOGEEC30.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

LAGOS - Setidaknya satu orang tewas dan lebih dari 130 orang masih hilang setelah sebuah perahu penuh penumpang terbalik di Negara Bagian Kebbi, barat laut Nigeria. Insiden itu terjadi pada Rabu (26/5/2021) saat cuaca badai melanda wilayah tersebut.

Menurut keterangan pejabat setempat, kapal itu tenggelam di Sungai Niger setelah berangkat dari Negara Bagian Niger dalam perjalanan ke Kota Wara di Kebbi.

BACA JUGA: Dihantam Topan Maysak, Kapal Pembawa 6.000 Ternak Hilang di Lepas Pantai Jepang

AFP mengutip pejabat administratif Abdullahi Buhari Wara melaporkan bahwa 22 orang yang selamat dan satu mayat telah ditemukan dari sekira 160 penumpang yang ada di atas kapal ketika insiden itu terjadi, sekira pukul 10 pagi waktu setempat.

Wara mengatakan, kapal kayu itu juga membawa kargo, termasuk 160 karung pasir, saat bertabrakan dengan benda di dalam air.

Sementara itu dalam keterangan yang dilansir Reuters, Juru Bicara Gubernur Kebbi, Yahaya Sarki, mengatakan bahwa sekira 200 penumpang telah naik kapal, yang dirancang hanya untuk mengangkut 80 penumpang. Dia mengatakan banyak jenazah telah ditemukan dari sungai, tetapi jumlah akhir korban masih belum diketahui.

BACA JUGA: Tongkang Tenggelam Dihantam Topan Tauktae, Setidaknya 26 Tewas, 53 Masih Hilang

Pejabat lokal mengatakan kapal itu kembali dari pasar lokal, sementara laporan lain menyebutkan bahwa penumpang telah kembali dari tambang emas.

Insiden serupa sebelumnya telah dilaporkan terjadi di Kebbi. Kecelakaan terjadi karena kapal-kapal penuh sesak atau bertabrakan dengan batang pohon.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini