Agus Harianto, Spesialis Kembar Siam RSUD Dr Soetomo Meninggal Dunia

Lukman Hakim, Koran SI · Sabtu 05 Juni 2021 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 05 519 2420587 agus-harianto-spesialis-kembar-siam-rsud-dr-soetomo-meninggal-dunia-oQu0JoWbgX.jpg Dokter Agus Hariyanto (Foto: Lukman Hakim)

SURABAYA - Kepala Tim Penanganan Kembar Siam RSUD Dr Soetomo, dr Agus Harianto SpA (K) meninggal dunia pada Sabtu (5/6/2021) pukul 03.00 di RSUD dr. Soetomo Surabaya. Kabar ini disampaikan dr Achmad Y Heryana SpA dalam acara virtual penghormatan terakhir yang diadakan rekan-rekan dr Agus.

Jenazah akan disucikan di Masjid An Nur untuk kemudian diberangkatkan dari RSUD Dr Soetomo, menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU) Keputih. Sebelum menuju TPU Keputih juga akan melewati aula FK Unair untuk penghormatan terakhir.

"dr Agus adalah guru yang menjadi panutan karena selalu memberikan waktu luang pada para anak didiknya. Jasa besar beliau adalah membentuk tim bayi kembar siam dan beberapa kali berhasil menjalankan proses pemisahan," ujar dr Achmad.

Baca Juga:  Kabar Duka, Ketua DPRD Boyolali S Paryanto Meninggal Dunia

Diketahui dr. Agus Hariyanto, SpA (K), merupakan dokter spesialis anak konsultan yang menangani kasus kembar siam sejak tahun 1990. Selama itu, dokter yang tinggal di perumahan Sutorejo Prima Kelurahan Dukuh Sutorejo Kecamatan Mulyorejo itu sudah menangani lebih dari 100 kasus kembar siam.

Beberapa kasus di antaranya, operasi pemisahan bayi kembar siam Janeeta-Janeetra pada tahun 2009 dan Akila Dewi Syabila-Azila Dewi Sabrina pada tahun 2019. Lalu bayi kembar siam dempet pinggul atau pygopagus Rochman dan Rochim pada September 2010. Pada Agustus 2010 juga menangani operasi pemisahan bayi kembar siam asal Kelurahan Jetis Kecamatan/Kabupaten Lamongan, Rafa dan Rafi.

Kembar siam merupakan sebuah kelainan. Di mana, bayi kembar dengan salah satu atau beberapa bagian tubuh saling menempel atau terhubung satu sama lain.

Baca Juga:  Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Pada kondisi kembar siam, tubuh kedua bayi dapat menyatu atau terhubung pada salah satu atau beberapa bagian tubuh. Bagian tubuh yang paling sering menyatu adalah kepala, dada, perut, punggung, dan panggul.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini