Teror Sanca di AS, Gubernur Florida Gelar Sayembara Buru Ular Berhadiah Ribuan Dolar

Agregasi VOA, · Minggu 06 Juni 2021 20:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 18 2421036 teror-sanca-di-as-gubernur-florida-gelar-sayembara-buru-ular-berhadiah-ribuan-dolar-51blS79v9m.jpg Foto: Reuters

PEMBURU ular sanca profesional maupun amatir berpeluang meraih hadiah ribuan dolar apabila bisa menangkap sanca bodo (Burmese phyton), yang merusak spesies asli di negara bagian Florida.

(Baca juga: PM Inggris Desak Kelompok G7 Vaksinasi Covid-19 di Seluruh Dunia)

Adalah Gubernur Florida Ron DeSantis yang menggelar sayembara tahunan pada Kamis (3/6). Sayembara tersebut dibagi dua, yaitu kategori profesional dan amatir. Dalam kedua kategori itu, akan ada hadiah $2.500 untuk sanca bodo terbanyak dan $1.500 untuk sanca bodo terpanjang.

(Baca juga: Milisi Syiah Houthi Kembali Lancarkan Serangan Rudal, 17 Orang Tewas)

Dilansir Voa Indonesia, Minggu (6/6/2021), ular-ular anca itu, yang panjangnya bisa mencapai 6 meter lebih dan beratnya mencapai 90 kilogram, merupakan keturunan dari ular-ular peliharaan yang dilepasliarkan mulai lima dekade lalu. Sanca bodo yang besar-besar itu mendominasi di Taman Nasional Everglades dan memangsa populasi mamalia dan burung asli wilayah itu.

Sanca bodo betina mengeluarkan antara 60 dan 100 telur per tahun. Setelah dewasa, yang memakan waktu sekitar lima tahun, tidak ada lagi predator bagi ular itu di Florida, selain manusia bersenjata. Sanca juga terkadang terlibat dalam pertarungan sengit dengan buaya dewasa.

(fmi)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini