Polisi Ditangkap Usai Ancam Akan Tembak Tersangka

Susi Susanti, Koran SI · Kamis 29 Juli 2021 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 18 2447853 polisi-ditangkap-usai-ancam-akan-tembak-tersangka-dGbz5kXUEy.jpg Polisi ditangkap usai ancam akan membunuh seorang pria (Foto: Aurora Police Department)

COLORADO - Seorang petugas polisi Colorado ditangkap setelah diketahui mengancam akan membunuh seorang pria saat penangkapan.

Melalui rekaman video dari kamera tubuh (body camera) menunjukkan polisi Aurora John Haubert menggunakan pistol untuk menyerang pria itu. “Jika Anda bergerak, Saya akan menembak Anda,” ujar polisi itu.

Penangkapan itu terjadi di tengah pengawasan ketat terhadap pelanggaran polisi di Amerika Serikat (AS) setelah kematian George Floyd pada 2020, yang memicu protes nasional.

Seorang petugas kedua juga telah ditangkap karena gagal menghentikan Haubert.

(Baca: Israel Sambut Pembicaraan Damai dengan Palestina)

Rekaman yang diputar untuk pers pada Selasa (27/7) menunjukkan Haubert berulang kali mengatakan "berhenti berkelahi" ketika pria itu mengatakan kepadanya "Saya bahkan tidak bisa bernapas" dan "Anda membunuh saya".

Pria yang ditangkap karena dicurigai masuk tanpa izin - dirawat di rumah sakit setelah insiden itu.

Menurut surat perintah penangkapan, Haubert sekarang sedang diselidiki atas berbagai kemungkinan tuduhan, termasuk penyerangan dan ancaman dengan senjata mematikan.

(Baca juga: Polisi Selidiki Pelecehan Seksual Anak-Anak di Sekolah Asrama)

Petugas kedua, Francine Martinez, menghadapi dakwaan karena tidak berusaha menghentikan Haubert. Kedua petugas dilaporkan telah menyerahkan diri.

Selama bertahun-tahun, departemen kepolisian Aurora telah menghadapi tuduhan pelanggaran, termasuk kematian seorang pria selama penangkapan pada tahun 2019.

Sebagai bagian dari undang-undang pertanggungjawaban yang baru, petugas polisi Colorado diharuskan turun tangan ketika mereka menyaksikan insiden pelanggaran atau penggunaan kekuatan yang berlebihan.

Pada konferensi pers pada Selasa (27/7), Kepala Polisi Aurora Vanessa Wilson mengatakan penangkapan itu adalah "tindakan yang sangat tercela."

"Ini sangat mengganggu," kata Wilson.

"Kami jijik. Kami marah. Ini bukan pekerjaan polisi. Kami tidak melatih ini,” lanjutnya.

Sebuah undang-undang yang disahkan oleh legislatif Colorado tahun lalu melarang polisi menggunakan kekuatan mematikan terhadap tersangka kecuali mereka menghadapi bahaya dari senjata.

Selain itu, undang-undang tersebut melarang mencekik dan menghapus perlindungan hukum kekebalan yang memenuhi syarat bagi petugas, yang berpotensi mengekspos mereka ke tuntutan hukum. Pada 2023, semua petugas polisi di negara bagian tersebut diharuskan memakai kamera tubuh.

Menurut kelompok advokasi Kebijakan Penjara, petugas polisi yang bertugas di AS membunuh warga sipil pada tingkat 33,5 orang per 10 juta setiap tahun. Angka ini lebih tinggi daripada kebanyakan negara kaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini