Pelaku Ritual yang Tersesat di Gunung Ungaran Ditemukan Lemas

Taufik Budi, Okezone · Sabtu 07 Agustus 2021 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 07 512 2452343 pelaku-ritual-yang-tersesat-di-gunung-ungaran-ditemukan-lemas-Fw7672VmO2.jpg Pelaku ritual di Gunung Ungaran ditemukan dalam keadaan lemas (Foto : MPI)

SEMARANG - Tiga dari enam pelaku ritual yakni Roni (40), Mindiyanah (37), dan Seto (50) yang tersesat di kaki Gunung Ungaran Kabupaten Semarang Jawa Tengah, berhasil ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi lemas Sabtu (7/8/2021) pukul 11.10 WIB.

"Pencarian dibagi menjadi 9 Search Rescue Unit (SRU) dengan kekuatan 100 personel. Setelah upaya pencarian selama 2 hari, tiga survivor berhasil ditemukan di pertigaan Sendang Seputon dalam keadaan lemas,” kata Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto.

“Penanganan survivor dengan pemeriksaan fisik setelah dinyatakan sehat, selanjutnya dibawa ke Posko Ngipik," imbuhnya.

Sekadar diketahui, ketinggian pertigaan Seputon kurang-lebih 950 MPDL. Oleh karenanya, tim SAR gabungan harus berjuang keras melakukan evakuasi sehingga membutuhkan sekira 1,5 jam hingga Desa Ngipik dengan jarak 8 kilometer.

Baca Juga : Misteri Makam Dasamuka yang Suka Mabuk di Kawah Gunung Ungaran

“Perjalanan tim SAR gabungan masih berlanjut menuju Posko Desa Nyatnyono Kabupaten Semarang," imbuhnya.

"Dengan ditemukannya tiga survivor maka operasi SAR dinyatakan selesai dan tim SAR gabungan kembali ke satuannya masing-masing," tutupnya.

Diwartakan sebelumnya, Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menceritakan kronologi kejadian nahas itu berawal ketika enam orang melakukan ritual pada pada Rabu (4/8/2021) malam. Ketiga survivor lain yakni Dani (33), Slamet( 50), dan Nur (20) mendaki Gunung Ungaran berangkat dari Desa Nyatnyono menuju Sendang Suroloyo yang berada di ketinggian 1.000 MPDL untuk ritual.

Setelah ritual selesai, mereka turun dengan membagi dua rombongan. Rombongan pertama Dani, Slamet, dan Nur berhasil sampai di Desa Ngipik. Namun rombongan Roni, Mindiyanah, dan Seto dikabarkan tersesat, pada Kamis (5/8/2021).

Dengan informasi tersebut, 1 tim rescue diberangkatkan untuk melakukan operasi pencarian dan pertolongan. Operasi pencarian dengan mengumpulkan informasi dari saksi, untuk mengetahui titik terakhir survivor hilang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini