3 Ton Heroin Disita di Pelabuhan, Total Nilai Capai Rp38 Triliun

Susi Susanti, Okezone · Rabu 22 September 2021 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 18 2475082 3-ton-heroin-disita-total-nilai-capai-rp38-triliun-LmDgCcIdzy.jpg Pelabuhan Mundra di Gujarat (Foto: Reuters)

INDIA - Pejabat intelijen anti-penyelundupan India telah menyita hampir tiga ton heroin yang dilaporkan bernilai sekitar USD2,7 miliar (Rp38 triliun) dalam operasi besar di sebuah pelabuhan Mundra di negara bagian Gujarat.

Para pejabat mengatakan kepada BBC pengujian forensik masih berlangsung untuk menentukan nilai pasti dari obat-obatan yang disita.

Melalui sebuah pernyataan diketahui dua orang telah ditangkap dan beberapa lainnya sedang diselidiki.

Pengiriman tersebut berasal dari Afghanistan dan dinyatakan sebagai 'talc stone'. Heroin ini dikirim ke Pelabuhan Mundra Gujarat dari Iran.

Direktorat Intelijen Pendapatan (DRI) mengatakan menerima laporan intelijen bahwa pengiriman dari Pelabuhan Bandar Abbas di Iran diduga mengandung narkotika.

Intelijen juga mengungkapkan bahwa pengiriman itu diimpor oleh sebuah perusahaan di kota selatan Vijaywada.

(Baca juga: Demi Bulan Madu, Calon Pengantin Ini Rela Jual Kokain dan Heroin Seharga Rp1,2 Miliar)

“Saat petugas kami menahan kiriman tersebut dan memeriksanya, ditemukan barang bukti narkotika jenis sabu dari peti kemas dan dipastikan adanya heroin,” kata DRI dalam keterangannya.

Para pejabat mengatakan pencarian telah dilakukan di beberapa kota di seluruh India, termasuk ibu kota negara, Delhi, Ahmedabad dan Chennai.

"Investigasi yang dilakukan sejauh ini juga mengungkapkan keterlibatan warga negara Afghanistan, yang sedang diselidiki," lanjut badan tersebut.

(Baca juga: Penyelundupan Heroin Bernilai Rp2 Triliun Berhasil Digagalkan Inggris)

Menurut Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC) Afghanistan adalah produsen opium terbesar di dunia. Panen opiumnya menyumbang lebih dari 80% pasokan dunia.

Tanaman opium opium disuling menjadi bahan dasar untuk beberapa obat yang sangat adiktif, termasuk heroin.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini