Share

Cuaca Ekstrem, BMKG Keluarkan Status Siaga Beberapa Wilayah di Jabar

Arif Budianto, Koran SI · Senin 01 November 2021 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 01 525 2494748 cuaca-ekstrem-bmkg-keluarkan-status-siaga-beberapa-wilayah-di-jabar-PoBtaNUPRL.jpg Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung mengeluarkan status siaga bagi beberapa daerah di Jawa Barat. Peningkatan status tersebut seiring potensi cuaca ekstrem yang bisa menyebakan banjir dan banjir bandang.

Status Siaga hingga 2 November 2021 dikeluarkan BMKG untuk wilayah Kabupaten Bandung; Sukabumi; Cianjur; Kabupaten Bogor; Kabupaten Bekasi; Kota Bekasi; Kota Depok; dan Kabupaten Garut.

Sementara daerah yang berstatus waspada di antaranya Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Bandung Barat, Bogor, Sukabumi, Sumedang, Purwakarta, Indramayu, Subang, Dopok, Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran, dan lainnya.

Baca juga: Masuki November, Waspada Potensi Hujan Lebat di Jabodetabek

Menurut Kepala BMKG Stasiun Bandung Teguh Rahayu, hasil monitoring BMKG terhadap perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia, diindikasikan terdapat potensi signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia.

"Hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya potensi belokan dan perlambatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektifitas," beber Teguh, Senin (1/11/2021).

Selain itu, cuaca ekstrem diprediksi didorong aktifnya fenomena MJO. Kemudian aktifnya gelombang rossby dan gelombang kelvin dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan. Potensi awan hujan juga termasuk wilayah Jawa Barat dan Bandung Raya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem dalam dua hari kedepan. Terutama untuk beberapa daerah yang biasa terkena banjir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini