Share

Mobil Polisi Dibakar dan 7 Terluka, Demonstrasi Tolak Lockdown Berakhir Ricuh

Susi Susanti, Okezone · Sabtu 20 November 2021 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 20 18 2504750 mobil-polisi-dibakar-dan-7-terluka-demonstrasi-tolak-lockdown-berakhir-ricuh-vrPEV9vglt.jpg Demonstrasi menentang lockdown berakhir ricuh di Belanda (Foto: Sipa USA)

ROTTERDAM - Setidaknya dua orang terluka setelah polisi di Kota Rotterdam Belanda melepaskan tembakan peringatan selama protes menentang lockdown Covid-19 pada Jumat (19/11).

"Demonstrasi di Coolsingel (jalan) mengakibatkan kerusuhan. Kebakaran telah terjadi di berbagai tempat, kembang api dinyalakan dan polisi telah melepaskan beberapa tembakan (peringatan)," cuit Polisi Rotterdam.

Dalam sebuah pernyataan di Twitter pada Sabtu (20/11), polisi Rotterdam mengatakan setidaknya tujuh orang terluka selama demonstrasi tersebut. Mereka tidak mengungkapkan tingkat keparahan atau sifat cedera tetapi mencatat bahwa petugas polisi juga terluka.

Menurut polisi setidaknya 20 penangkapan dilakukan setelah kerusuhan. "Kami melepaskan tembakan peringatan dan ada juga tembakan langsung karena situasinya mengancam jiwa," kata juru bicara polisi Patricia Wessels kepada Reuters.

"Kami tahu bahwa setidaknya dua orang terluka, mungkin akibat tembakan peringatan, tetapi kami perlu menyelidiki penyebab pastinya lebih lanjut," lanjutnya.

Baca juga: Lansia Disemprot Merica Saat Protes 'Lockdown' Covid-19, Tuai Kecaman di Media Sosial

Video yang diposting di media sosial (medsos) menunjukkan mobil polisi yang terbakar dan perusuh melemparkan kembang api dan batu ke arah polisi.

Pernyataan polisi mengatakan mereka menggunakan "pengerahan maksimum polisi yang diperlukan untuk memulihkan ketertiban umum," dan mendesak orang untuk menjauh dari Coolsignel.

Baca juga: Kota-Kota di Australia Gelar Protes Anti 'Lockdown' Covid-19

Beberapa ratus orang telah berkumpul untuk menyuarakan penentangan terhadap rencana pemerintah untuk membatasi akses ke tempat-tempat dalam ruangan bagi orang-orang yang memiliki "corona pass", yang menunjukkan bahwa mereka telah divaksinasi atau telah pulih dari infeksi.

Corona pass ini juga tersedia untuk orang yang belum divaksinasi, tetapi memiliki bukti tes negatif.

Polisi mengeluarkan peraturan darurat di Rotterdam, menutup transportasi umum dan memerintahkan orang untuk pulang. Meriam air dikerahkan dan polisi menunggang kuda melakukan serangan untuk membubarkan massa.

Pihak berwenang juga meminta para pengamat dan orang-orang yang merekam gambar kerusuhan untuk mengirim rekaman itu ke polisi untuk penyelidikan lebih lanjut.

Belanda menerapkan kembali beberapa tindakan penguncian akhir pekan lalu selama tiga minggu awal dalam upaya untuk memperlambat kebangkitan penularan virus corona, tetapi infeksi harian tetap pada level tertinggi sejak awal pandemi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini