Kisah Bos Serikat Pekerja Hilang Misterius Selama 40 Tahun, FBI Temukan Petunjuk Penting

Susi Susanti, Okezone · Selasa 23 November 2021 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 18 2506068 hilang-misterius-selama-40-tahun-fbi-temukan-petunjuk-penting-qtTCurKzjT.jpg Bos serikat pekerja Jimmy Hoffa dilaporkan menghilang secara misterius selama 40 tahun (Foto: Hulton Archive)

DETROIT - Penantian selama empat puluh tahun untuk mengetahui apa yang terjadi pada seorang bos serikat pekerja yang diduga telah dibunuh oleh Mafia Italia akhirnya berakhir dengan mengejutkan.

Itu terjadi setelah penyelidik Biro Investigasi Federal (FBI) mulai mencari bekas tempat pembuangan sampah untuk orang yang hilang.

Jimmy Hoffa, presiden International Brotherhood of Teamsters (IBT) dari tahun 1957 hingga 1971, menghilang secara misterius pada 30 Juli 1975, setelah pertemuan dengan saingan serikat pekerja Anthony Provenzano dan gembong mafia Anthony Giacalone di sebuah restoran di pinggiran kota Detroit.

Baca juga: Bukan Tetangga Biasa, Buron FBI Paling Dicari Ditemukan Sudah Jadi Mayat Membusuk

Hoffa diketahui terlibat dalam lingkaran kejahatan terorganisir selama memimpin serikat pekerja, dan diyakini telah membuat marah anggota Mafia yang sangat kuat dalam upayanya untuk mendapatkan kembali kendali atas Teamsters sesaat sebelum dia menghilang.

Dia dinyatakan meninggal pada 30 Juli 1982, setelah salah satu perburuan terbesar dalam sejarah Amerika gagal menemukan mayat atau bahkan saksi kejahatan.

Baca juga:  FBI Diduga Diretas, 100.000 Email Dikirim dari Server Internal

Tapi FBI sekarang percaya bahwa mereka mungkin memiliki petunjuk penting setelah petunjuk dari seorang pekerja sampah kota yang diberikan ranjang kematiannya tahun lalu membawa mereka ke tempat pembuangan sampah tua di bawah General Pulaski Skyway.

Meskipun Biro tidak secara eksplisit menyatakan mengapa detektif mereka berada di situs tersebut, NBC News mengatakan pihaknya memiliki konfirmasi bahwa Hoffa adalah subjek pencarian.

"Bulan lalu, FBI memperoleh surat perintah penggeledahan untuk melakukan survei situs di bawah Pulaski Skyway,” terang seorang juru bicara dari kantor lapangan FBI di Detroit.

"Data itu saat ini sedang dianalisis. Karena pernyataan tertulis yang mendukung surat perintah penggeledahan itu disegel oleh pengadilan, kami tidak dapat memberikan informasi tambahan apa pun,” lanjutnya.

Misteri abadi hilangnya Jimmy Hoffa telah dituangkan dalam beberapa film. Al Pacino terkenal memainkannya di film 'The Irishman' pada 2019, sementara pada tahun 1992 ia diperankan oleh Jack Nicholson dalam film biografi "Hoffa."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini