Share

Mantan PM Lesotho Didakwa Atas Pembunuhan Istrinya

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 01 Desember 2021 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 18 2510097 mantan-pm-lesotho-didakwa-atas-pembunuhan-istrinya-WYlSm91h2S.JPG Mantan Perdana Menteri Lesotho Thomas Thabane. (Foto: Reuters)

MASERU - Mantan perdana menteri Lesotho, Thomas Thabane, (82 tahun), pada Selasa (30/11/2021) didakwa atas pembunuhan istrinya dalam kasus yang mengejutkan negara kerajaan itu.

Istri Thabane saat ini, Maesaiah Thabane, yang juga didakwa atas pembunuhan itu, duduk di sampingnya saat dakwaan terhadap mereka dibacakan pada wawancara pengadilan pendahuluan di ruang tertutup di Pengadilan Tinggi Lesotho.

BACA JUGA: Ditekan karena Kasus Pembunuhan Istri, PM Lesotho Thomas Thabane Mengundurkan Diri

Mengenakan setelan bergaris-garis biru tua dan kemeja biru muda, Thomas Thabane duduk dengan tenang di samping istrinya, yang mengenakan gaun merah marun dan topi jerami, saat dakwaan dibacakan.

Pasangan suami istri itu membantah terlibat dalam pembunuhan Lipolelo Thabane, istri pertama sang mantan perdana menteri.

BACA JUGA: Ibu Negara Lesotho Ditangkap Atas Kasus Pembunuhan Istri Perdana Menteri

Lipolelo ditembak mati saat dia duduk di mobil di dekat rumahnya di ibu kota, Maseru, beberapa hari sebelum Thomas Thabane dilantik sebagai perdana menteri pada Juni 2017. Lipolelo tengah menjalani proses perceraian yang sengit dari Thomas pada saat kematiannya.

Polisi menuduh bahwa Maesaiah menyewa delapan pembunuh untuk membunuh Lipolelo tetapi tidak hadir dalam penembakan itu.

Thomas dan Maesaiah menikah dua bulan setelah penembakan itu.

Mereka juga didakwa atas percobaan pembunuhan Thato Sibolla yang bersama Lipolelo Thabane ketika dia ditembak.

Thomas Thabane mengundurkan diri pada Mei 2020 setelah tekanan untuk mundur dari partainya, All Basotho Convention (ABC), tokoh oposisi dan mediator Afrika Selatan.

Kasus ini akan disidangkan pada 8-10 Maret 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini