Share

40 Gempa Mengguncang dalam 2 Hari, Picu Kehebohan

Susi Susanti, Okezone · Kamis 09 Desember 2021 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 18 2514272 40-gempa-mengguncang-dalam-2-hari-picu-kehebohan-UoSpDSndre.jpg Ilustrasi gempa (Foto: Reuters)

OREGON – Serangkaian gempa di sepanjang garis Amerika Utara antara 200-250 mil sebelah barat dari kota pesisir Newport, Oregon, selama dua hari yang dimulai Selasa (7/12) pagi hingga Rabu (8/12) tercatat mencapai 40 gempa.

Besaran gempa yang bervariasi antara 3,5 - 5,8 magnitudo ini menarik perhatian dan kepedulian dari jutaan warga di wilayah tersebut.

Rangkaian gempa yang cukup jauh untuk sebagian besar terdeteksi di darat, tetapi mengingat sejarah seismik di daerah itu, telah menciptakan kehebohan.

"Jika kau bertanya padaku kemarin di mana di bumi akan paling mungkin untuk menghasilkan sekelompok besarnya 5.0+ gempa dalam satu hari, ini akan menjadi tinggi pada daftar saya," terang Harold Tobin, Direktur Jaringan seismik Pacific Northwest di University of Washington, kepada CNN.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Lembata NTT

Garis patahan yang bertanggung jawab atas gempa adalah Zona Fraktur Blanco. Menurut sebuah analisis Oregon State University, coba itu itu lebih aktif daripada yang terkenal San Andreas Fault di California, telah menghasilkan lebih dari 1.500 gempa berkekuatan 4.0 atau lebih sejak 1970-an.

Apa yang telah paling mengesankan tentang gempa minggu ini adalah gempa ini termasuk setidaknya 9 tremor mencapai berkekuatan 5,0-5,8, dengan mayoritas terjadi pada kedalaman dangkal hanya 10 km.

Baca juga: Gempa M 3,4 Guncang Purwakarta 

Menurut database Survei Geologi AS (USGS), Banyaknya besarnya 5.0 atau lebih besar gempa di wilayah tersebut tiga kali lipat rata-rata tahunan (tiga 5.0+ gempa per tahun) sejak 1980.

Untungnya, menurut US National Tsunami Warning Center, tidak ada gempa minggu ini YANG telah memicu peringatan tsunami.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Namun, serangkaian gempa ini telah meningkatkan tingkat perhatian untuk beberapa, karena kawasan ini merupakan salah satu daerah yang paling rawan gempa di Amerika Utara dan telah menghasilkan salah satu gempa terbesar di daratan ASt pada 26 Januari 1700. Gempa itu terjadi pada tetangga Cascadia Zona subduksi ini, kesalahan megathrust lebih dekat ke tanah, di mana lempeng penyelaman Juan de Fuca bawah lempeng Amerika Utara. Patahan ini tidak hanya dapat memicu tsunami dahsyat tetapi juga goncangan yang merusak.

Meskipun pusat gempa minggu ini, Zona Fraktur Blanco, adalah salah satu yang paling aktif secara seismik di Amerika Utara, namun jarang menyebabkan gempa yang merusak.

Patahannya terletak sekitar 275 mil sebelah barat garis pantai Oregon dan sekitar 200 mil sebelah barat Zona Subduksi Cascadia, ketika gempa Northwest terbesar dan paling merusak secara historis pernah terjadi.

"Gempa zona Blanco Fraktur adalah strike-slip (gerakan lateral blok kerak di kedua sisi, daripada up-down perpindahan), sehingga sangat tidak mungkin bagi mereka untuk menimbulkan ancaman tsunami, bahkan jika gempa besar terjadi, seperti besarnya 7,0 misalnya," lanjutnya.

"Gempa hari ini dapat dianggap sebagai sesuatu seperti main-shock dan segerombolan gempa susulan, satu perbedaan adalah bahwa dalam kasus ini, tidak ada banyak perbedaan besarnya di antara mereka," ungkapnya.

Meskipun gempa minggu ini telah mengangkat keprihatinan yang disebut "satu besar" bisa menjadi dekat, Tobin yakin itu belum tentu demikian.

"Ada cukup banyak jarak dari gempa ini untuk daerah penekanan air terjun," Tobin menjelaskan. "Pemahaman terbaik kami saat ini tentang bagaimana transfer stres melalui kerak (dan mantel) akan menunjukkan bahwa peristiwa ini tidak mengubah tekanan pada zona subduksi secara signifikan,” paparnya.

Dia mencontohkan, meskipun telah memiliki sejumlah yang luar biasa besarnya 5.5+ gempa dalam waktu singkat, namun tidak inheren mengkhawatirkan melainkan hanya menarik secara seismologi.

Menurut seismolog Dr Lucy Jones, telah terjadi lebih dari 133 gempa berkekuatan 5 atau lebih besar pada Blanco Fracture Zona sejak tahun 1980 dan tidak pernah diikuti oleh sesuatu di darat.

Awal tahun lalu, serangkaian gempa terjadi di dekat Laut Salton di Southern California meskipun meskipun tidak besar.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini