Share

Gereja Katolik Akan Lakukan Penyelidikan Pelecehan Seksual Anak Sejak 80 Tahun Lalu

Susi Susanti, Okezone · Senin 20 Desember 2021 08:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 18 2519593 gereja-katolik-akan-lakukan-penyelidikan-pelecehan-seksual-anak-sejak-80-tahun-lalu-1NR4k2wBmj.jpg Gereja Katolik lakukan penyelidikan pelecehan seksual anak (Foto: Reuters)

SPANYOL - Setelah berbulan-bulan menolak untuk melakukannya, Gereja Katolik Spanyol akhirnya dilaporkan telah meluncurkan penyelidikan atas dugaan pelecehan seksual terhadap ratusan anak oleh anggota klerusnya sekitar 80 tahun yang lalu.

Surat kabar El Pais melaporkan pada Minggu (19/12), investigasi akan memeriksa tuduhan pelecehan yang diajukan terhadap 251 pendeta dan sejumlah orang awam yang tidak ditentukan dari institusi yang dikelola gereja. El Pais menjadi surat kabar yang mengungkap tuduhan itu selama penyelidikan tiga tahun.

Jumlah korban dilaporkan sekitar 1.237, tetapi surat kabar itu mencatat bahwa angka ini bisa meningkat menjadi ribuan orang. Tuduhan itu mencakup sekitar 31 ordo keagamaan dan tersebar di 31 dari sekitar 70 keuskupan di negara itu. Insiden tertua diketahui terjadi pada tahun 1943, dengan kasus terbaru terjadi pada 2018.

Baca juga: Korban Pelecehan Seksual di Gereja Katolik Tuntut Kompensasi Usai Penyelidikan Diungkap ke Publik 

Menurut El Pais, penyelidikan akan dilakukan oleh Konferensi Episkopal Spanyol (SEC), badan tinggi uskup negara yang dipimpin oleh Kardinal Juan Jose Omella, uskup agung Barcelona.

Meskipun belum mempublikasikan temuannya secara penuh, surat kabar tersebut menyatakan bahwa berkas setebal 385 halaman tentang masalah tersebut diserahkan kepada Paus Fransiskus ketika Paus sedang melakukan perjalanan ke Roma setelah kunjungan ke Siprus awal bulan ini.

 Baca juga: 330.000 Anak Diperkirakan Jadi Korban Pelecehan Seks Gereja Katolik Selama 70 Tahun

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Vatikan Matteo Bruni mengatakan bahwa Paus Fransiskus telah menerima laporan tersebut dan meneruskannya ke “badan yang berwenang sehingga dapat dilanjutkan sesuai dengan hukum Gereja saat ini.” Reuters mencatat bahwa dokumen-dokumen itu juga dapat ditinjau oleh Kongregasi untuk Ajaran Iman Vatikan, yang menyelidiki pelecehan seksual.

Awal tahun ini, SEC mengungkapkan bahwa 220 kasus pelecehan seksual anak telah dilaporkan secara resmi ke Vatikan selama dua dekade terakhir. Ini termasuk 76 tuduhan terhadap imam dan 144 terhadap anggota berbagai ordo agama, tetapi tidak memperhitungkan tuduhan terhadap anggota awam gereja atau karyawan yang bekerja di lembaga yang dijalankan oleh ordo keagamaan.

Dalam beberapa bulan terakhir, kelompok hak korban telah menyerukan penyelidikan independen serupa dengan penyelidikan tingkat tinggi di Prancis awal tahun ini yang menemukan anggota Gereja Katolik Prancis telah melecehkan sebanyak 330.000 korban sejak 1950.

Namun, pejabat Gereja Spanyol sejauh ini menolak untuk melakukannya, menunjukkan bahwa pelecehan seksual anak adalah masalah sosial yang lebih luas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini