Share

Bandara Ini Terima Ancaman Bom, Pesawat Tertahan di Landasan pacu

Susi Susanti, Okezone · Senin 20 Desember 2021 08:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 18 2519610 bandara-ini-terima-ancaman-bom-pesawat-tertahan-di-landasan-pacu-msFx2NvWyN.jpg Bandara Gatwick terima laporan ancaman bom (Foto: PA)

SUSSEX - Bandara Gatwick mendadak menjadi tempat dengan keadaan darurat "berkelanjutan" setelah ladanya aporan tentang "ancaman bom".

Polisi telah mengkonfirmasi keadaan darurat itu tidak terkait dengan  drone.

Wartawan BBC Poppy Jeffery mengatakan di Twitter bahwa "ancaman bom jelas dilakukan pagi ini pada penerbangan Turkish Airlines."

Namun bandara menegaskan ancaman itu tidak kredibel dan mereka mengatakan ada gangguan minimal pada layanan.

"Polisi Sussex saat ini sedang menangani insiden yang sedang berlangsung di Bandara Gatwick. Kami akan merilis lebih banyak informasi pada waktunya tetapi tidak terkait dengan insiden drone,” terang Bandara Gatwick dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Ancaman Bom, Sekolah dan Pusat Olahraga Ditutup dan Dievakuasi

Insiden ini terjadi ketika penumpang dilaporkan "terjebak" di landasan pacu sebelumnya pada Minggu (19/12).

Wartawan Michael Knowles menulis di Twitter bahwa polisi bersenjata telah menaiki pesawat di Bandara Gatwick menyusul "ancaman bom tipuan".

 Baca juga: Polisi Selidiki Ancaman Bom di Gedung Capitol

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

"Petugas menggeledah penerbangan masuk dari Istanbul dan memastikan itu bohong,” tulisnya.

Petugas menggeledah penerbangan masuk dari Istanbul dan memastikan kabar itu bohong.

Jurnalis Antonello Guerrera mencuit di Twitter untuk mengatakan penerbangannya ke Roma ditahan sebelum lepas landas karena insiden itu.

"Kami baru saja diberitahu oleh kapten pesawat bahwa kami tidak dapat lepas landas karena ada 'keadaan darurat yang sedang berlangsung' di Bandara Gatwick,” cuitnya.

"Saya sekarang diberitahu bahwa alasan mengapa kita terjebak *mungkin* menjadi 'pendaratan darurat' yang sedang berlangsung yang melibatkan pesawat maskapai Turki di Gatwick,” lanjutnya.

"Seorang kapten dari pesawat lain yang terjebak malah memberi tahu tentang 'kemungkinan puing-puing di pelarian'. Laporan yang membingungkan,” ujarnya.

Pengguna Twitter lainnya, Dr Eka Iakobishvili, mengklaim pesawat yang dinaikinya dikelilingi pasukan khusus dan senapan mesin.

"Hai, kami terjebak di pesawat dengan pasukan khusus dan senapan mesin mengelilingi pesawat. Bisakah Anda memberi tahu apa yang terjadi? Terima kasih,” tulisnya.

Dalam pembaruan lebih lanjut, dia mengklaim insiden itu terkait dengan "ancaman keamanan yang sangat serius" - tetapi tidak ada konfirmasi tentang hal ini.

"Ancaman keamanan yang sangat serius. Butuh waktu hampir lima jam untuk menyaring orang dan tas... tidak ada ancaman yang ditemukan. Polisi menanganinya dengan baik,” ungkapnya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini