Share

Hizbullah: Arab Saudi Bantu Sebarkan Ideologi Islam Ekstremis ke Seluruh Dunia

Agregasi VOA, · Rabu 05 Januari 2022 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 05 18 2527554 hizbullah-arab-saudi-bantu-sebarkan-ideologi-islam-ekstremis-ke-seluruh-dunia-4hCgdHqkjC.jpg Pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrullah (Foto: Reuters)

LEBANON - Pemimpin kelompok militan Lebanon Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah melancarkan sebuah kritik tajam terhadap Arab Saudi pada Senin (3/1). Nasrallah menuduh Saudi membantu menyebarkan ideologi Islam yang ekstrem ke seluruh dunia.

Pernyataan tersebut Nasrallah sampaikan dalam pidato yang ditonton oleh pendukungnya di sebuah daerah di Beirut. Kritik tersebut datang sebagai tanggapan atas komentar dari Raja Salman, yang menyerukan agar warga Lebanon mengakhiri “kendali teroris Hizbullah” atas Lebanon.

“Yang mulia raja, teroris adalah pihak yang mengekspor ideologi Wahhabi-Daeshi” kepada dunia dan itu adalah Anda,” kata Nasrallah. Ia mengacu kepada kelompok ISIS dan menggunakan akronim Arab–Daesh.

 Baca juga: Australia Golongkan Kelompok The Base dan Hizbullah Sebagai Organisasi Teroris

Dalam pidato itu, pada peringatan ke dua dari pembunuhan jenderal Iran Qassem Soleimani di Baghdad, Nasrallah juga menuduh Arab Saudi sebagai dalang dari pengiriman serangan bunuh diri yang terjadi di Suriah dan Irak juga penyebab perang di Yaman.

Nasrallah juga mengecam kehadiran pasukan Amerika Serikat di Irak. Komentar Nasrallah datang di saat penguasa Lebanon berusaha memperbaiki hubungan negara tersebut dengan Arab Saudi yang mencapai titik terendah pada Oktober 2021 lalu ketika Saudi memanggil pulang duta besarnya dari Beirut, dan melarang impor semua produk dari Lebanon.

 Baca juga: Pemimpin Hizbullah Serang Yerusalem Berarti Perang Kawasan

Langkah Saudi itu menyusul komentar dari salah satu Menteri dalam kabinet Lebanon yang mengatakan dalam wawancara televisi bahwa perang di Yaman tidak ada gunanya, dan menyebut hal tersebut sebagai agresi yang dilakukan oleh koalisi pimpinan Arab Saudi.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini