Share

Kabur Dua Hari dari Lapas, Napi Ini Ditangkap Tim Gabungan

Demon Fajri, Okezone · Minggu 23 Januari 2022 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 23 340 2536572 kabur-dua-hari-dari-lapas-napi-ini-ditangkap-tim-gabungan-mIJU2tUrvY.jpg Napi kabur dari Lapas Bengkulu ditangkap petugas (Foto : Okezone.com)

BENGKULU - Petugas gabungan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Provinsi Bengkulu, Polres Bengkulu Utara, dan Polres Mukomuko, meringkus, Basuki (50), Napi yang kabur dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, selama dua hari.

Napi itu ditangkap tim gabungan di Desa Pulau Baru, Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada Minggu (23/1/2022), sekira pukul 17.56 WIB.

“Apresiasi yang setinggi-tinggi kepada pihak Kepolisian, yang telah membantu tim kami dalam pencarian dan pengejaran. Sinergitas dan kolaborasi yang baik, membuahkan hasil. Hanya dalam kurun waktu 2 hari, Napi tersebut telah tertangkap kembali,'' kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Provinsi Bengkulu, Imam Jauhari, dalam keterangannya yang diterima Okezone.com.

Dijelaskan Kepala Divisi Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Provinsi Bengkulu, Ika Yusanti, Napi atas Basuki melarikan diri dari Lapas Arga makmur, pada Jumat 21 Januari 2022.

Baca Juga : Seorang Tahanan Lapas Arga Makmur Melarikan Diri

Napi itu kabur, kata Ika, saat membantu membersihkan halaman luar lapas, dengan di kawal dengan 2 orang petugas pengawal. Di mana saat itu Napi Basuki memotong rumput lapangan depan Lapas.

"Saat istirahat untuk makan, Basuki menyelinap dari pandangan mata petugas dan melarikan diri," kata Ika.

Saat ini, kata Ika, tim pemeriksa masih bekerja. Nantinya, hasil pemeriksaan akan dilaporkan kepada Kakanwil dan pimpinan Pusat, guna pengaambilan keputusan sesuai aturan yang berlaku.

"Kakanwil juga membentuk tim pemeriksa. Tugas dari Tim Pemeriksa mencari fakta-fakta terjadinya pelarian, apakah ada SOP yang dilanggar atau karena kelalaian pengawal," pungkas Ika.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini